Polda Jateng Gelar Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2018

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Rangakain pengamanan Pemilu yang dimulai dari tahun 2018 sampai 2019 akhirnya selesai, Polda Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan apel konsolidasi yang menandakan Operasi Mantab Brata Candi 2018 sudah selesai terlaksana. Polri sebagai salah satu pilar penyangga demokrasi bersama dengan TNI dan komponen masyarakat telah mampu melaksanakan pengamanan pesta demokrasi dengan baik.

Apel konsolidasi tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolda Jateng, yang dipimpin oleh Wakapolda Jateng, Brigjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi S.H, S.St, M.K., dan dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Muji Angkasa beserta jajaran, para pejabat utama Polda Jateng serta penyelenggara Pemilu 2019 seperti KPU dan Bawaslu, Rabu (06/11/19).

“Selaku Kapolda Jateng saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap personel di seluruh jajaran Polda Jateng beserta jajaran TNI dari Kodam IV Diponegoro serta instansi terkait yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh keikhlasan serta dengan semangat tidak kenal menyerah, meskipun dihadapan dengan berbagai dinamika di lapangan, namun mampu menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, guna menjamin terlaksananya pemilu aman, tertib, berkualitas dan demokratis, ” jelas Wakapolda dalam membacakan amanat Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Meski dihadapkan berbagai dinamika situasi di lapangan, namun mampu menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, dalam menjamin terlaksananya Pemilu yang aman, tertib, berkualitas dan demokratis.

“Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Mantap Brata Candi 2018, ada 14 kasus tindak pidana Pemilu yang sampai ke tahap penyidikan, dimana 11 kasus telah dinyatakan P21, sedangkan 3 kasus lainnya selesai dengan SP3,” jelas Wakapolda Jateng.

Menurut Jenderal bintang satu tersebut, hal itu menjadi bahan evaluasi penting kedepan untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di 21 kabupaten/kota di wilayah Jateng.

Dikatakan bahwa saat ini pemerintah yang legitimate, hasil dari Pemilu 2019 telah terbentuk, serta siap mengoperasionalkan segala rencana dan program yang telah digariskan.

“Terkait hal ini, saya tekankan kepada seluruh jajaran agar segera mempersiapkan diri untuk melakukan berbagai upaya nyata guna mendukung kebijakan yang digulirkan oleh Pemerintah,” tegas Wakapolda Jateng.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password