Polda Kaltim Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Data Kependudukan

Tribratanews.polri.go.id-Balikpapan. Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menggelar Konfensi Pers terkait penangkapan pelaku Penyalahgunaan Data Kependudukan untuk SIM Card Prabayar, di ruangan bidang Humas Polda Kaltim, Selasa (5/11/2019).

Penangkapan di awali dari laporan masyarakat bahwa mudahnya masyarakat mendapatkan sim card siap pakai yang tersebar di konter-konter.

“Kita dapat laporan dari masyarakat, katanya banyak sim card yang dijual itu tinggal pakai saja,” jelas Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Surya.

Setelah mendapatkan laporan, tim Subdit Siber Crime Ditreskrimsus Polda Kaltim melakukan penyelidikan dengan cara observasi dan penyamaran hingga didapatkan info lokasi pelaku berinisial SF

Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 15 modem pool 16 port, 2105 kotak sim card, 1 unit PC, komputer dan 1 unit laptop.

“Ini barang buktinya ada 15 modem pool, ada 2105 kotak dikali 100 biji perkotak jadi total 10.500 sim card yang berhasil diregistrasi (siap pakai) dan 3800 simcard yang gagal diregistrasi (tidak bisa digunakan),” jelas kabid Humas Polda Kaltim.

Kasubdit V/Siber AKBP Albertus Andreana mengatakan, hasil penyidikan sementara nomer NIK dan KK yang digunakan ini berasal dari Jawa.

“Untuk info awal menurut keterangan pelaku, data ini bukan dari dia tapi dari pihak lain, dan data NIK itu bukan dari sini (Kaltim) tapi dari Jawa,” jelas AKBP Albertus Andreana.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password