Polri dan BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama Terkait Pemanfaatan Data Online Kecelakaan Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Korlantas Polri, BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja menjalin perjanjian kerja sama (PKS) terkait pemanfaatan data online kecelakaan lalu lintas (KLL) bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan layanan JKN-KIS pada kasus KLL.

Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari PKS antara BPJS Kesehatan dan Polri tentang pemanfaatan data online KLL bagi Peserta Program JKN-KIS Nomor 356/KTR/0818 tertanggal 21 Agustus 2018.

Hal tersebut, juga sejalan dengan Surat Edaran Bersama antara Direktur Operasional PT. Jasa Raharja (Persero) dan Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan No. P/26/SP/2015 dan No. 377/KTR/1115, yakni kedua belah pihak membutuhkan Laporan Polisi (LP) sebagai salah satu kelengkapan administrasi penjaminan KLL baik untuk kecelakaan tunggal maupun kecelakaan ganda.

Melalui kerja sama ini, masing-masing pihak akan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, khususnya agar terjaganya kesinambungan finansial program Jaminan Kesehatan melalui pilar ketiga, yaitu sinergitas penjaminan peserta JKN-KIS untuk kasus KLL.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Kushariyanto menjelaskan, tujuan dari kegiatan sosialisasi PKS BPJS Kesehatan dan Polri, di antaranya penyelenggaraan koordinasi manfaat, khususnya dalam penjaminan kasus Kecelakaan lalu lintas, Selasa, (05/11/19)

Jenderal bintang satu tersebut mengatakan untuk meminimalisasi terjadinya kendala di lapangan terkait penjaminan pelayanan dan prosedur administrasi. Dengan demikian, maka proses penjaminan kasus KLL antara seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Kedeputian Wilayah Jabar dengan Korlantas Polda Jabar bisa berjalan lancar.

Brigjen Pol. Kushariyanto menuturkan seperti contoh di wilayah Polda Jawa Barat, telah terjalin kesepakatan bersama antara Ditlantas Polda Jabar dengan seluruh Polres/Polsek, BPJS Kesehatan, dan PT Jasa Raharja.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password