Polda Metro Jaya Tangkap Dua Wanita Penipuan Pembelian Tanah Modus Sebagai Notaris

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya kembali menangkap dua orang yang diduga melakukan tindakan penipuan dalam melakukan jual beli pembelian tanah dengan modus notaris palsu. Kedua tersangka berhasil memperdaya korban berinisial S yang mengalami kerugian sebesar Rp 4,5 miliar.

“Penipuan ini terjadi pada bulan Mei tahun 2019. Kami menangkap dua perempuan dengan inisial W yang berpura-pura jadi pembeli dan N yang berpura-pura sebagai notaris,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono,, Senin, (04/11/19).

Saat memperdaya korbannya, pelaku W memberikan uang DP kepada sebesar Rp 150 juta untuk sertifikat tanah senilai Rp 4,5 miliar. Setelah uang tanda jadi diterima, S diajak W ke kantor notaris N di kawasan Cianjur, Jawa Barat. S yang merasa yakin lalu menyerahkan proses jual beli itu kepada N.

Tanpa disadari oleh S, kedua pelaku lalu menggadaikan dua sertifikat tanah miliknya seharga Rp 2,6 miliar. Korban baru menyadari menjadi korban penipuan saat tenggat waktu pelunasan sertifikat tanah tak kunjung dibayarkan oleh tersangka W.

“Kami mendalami dugaan penipuan properti ini berhubungan dengan kasus sebelumnya. Kami juga mendalami ada atau tidaknya korban lain. Menurut penyidik ada korban lain yang akan lapor,” jelas Kombes Pol. Argo Yuwono.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 372 tentang Penggelapan, dengan ancaman 4 tahun penjara.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password