Segel Smelter Timah, Polda Babel Jamin Tetap Dukung Investasi

Tribratanews.polri.go.idPangkal Pinang. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Polda Kepulauan Bangka Belitung memastikan komitmennya untuk tetap mendukung iklim investasi di Bangka Belitung.

Namun, kepolisian tetap mengedepankan tata kelola pertambangan dan smelter timah yang sesuai aturan.

“Polri tetap mendukung iklim investasi di Bangka Belitung sepanjang pelaku usaha mematuhi aturan yang sudah digariskan,” terang Direskrimsus Polda Bangka Belitung Kombes Pol. Indra Krismayadi di Pangkalpinang, Sabtu, (02/11/19).

Perwira menengah Polda Babel mengatakan, dalam usaha penambangan diperlukan beberapa penyesuaian oleh smelter yang mengacu pada peraturan perundang-undangan, antara lain Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) dan perizinan lain.

“Itu sudah ada aturannya dan harus dimiliki perusahaan tersebut. Ketika salah satu item itu tidak ada, maka perusahaan tidak bisa menjalankan usahanya. Ini yang terjadi disini. Ada item yang tidak lengkap dan tidak sesuai prosedur. Otomatis dia tidak jalan lagi. Posisi polri dalam tata kelola timah adalah penegak aturan hukum,” jelas Kombes Pol. Indra Krismayadi.

Direskrimsus Polda Babel mengatakan perbaikan tata kelola pertambangan timah di Bangka Belitung telah berimplikasi positif karena Bangka Belitung menjadi role model tata kelola pertambangan mineral di Indonesia.

“Kalau kita flashback ke belakang, sebelum tata kelola yang bagus ini banyak smelter swasta yang mengemplang pajak. Sekarang penerimaan pajak negara dari sektor pertambangan sangat besar. Tahun lalu mencapai Rp 750 miliar. Tahun ini ditargetkan negara meraih Rp 1,5 triliun,” tutup Kombes Pol. Kombes Pol. Indra Krismayadi

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password