Polda Jabar Berhasil Tangkap Penjual Satwa Dilindungi

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Kepolisian Daerah Jawa Barat berhasil mengamankan sembilan ekor hewan yang dilindungi dari tangan Dede Nurdin (29) di Dusub Bojong, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.
Hewan yang berhasil diamankan Polda Jabar yaitu enam ekor jenis Lutung, dua ekor jenis Surili, dan seekor Owa.

“Minggu 27 Oktober 2019 sekira pukul 15.10 WIB, petugas Unit III Subdit IV Dit Reskrimsus Polda Jabar melakukan penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana. Dari lokasi, pihak Kepolisian menemukan adanya perbuatan menyimpan, memiliki, memelihara satwa yang dilindungu yang dilakukan okeh Dede,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Senin (28/10/2019).

Diketahui dalam hasil penjualan Dede Nurdin mendapatkan satu ekor anakan lutung dengan harga Rp 200 ribu, kemudian dia bisa menjual lutung itu dengan harga Rp 400 ribu per ekor. “Kalau owa Jawa saya beli dari orang Bogor, dapat Rp 2 juta. Sementara Surili per ekor beli Rp 300 ribu,” katanya.

Akibat perbuatan DN diancam hukuman penjara maksimal 5 tahun kurungan. DN disangka telah melanggar Undang-Undang RI Nomor 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. DN dijerat dengan Pasal 40 ayat (2) UU RI Nomor 1990.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password