Pengamat Kejahatan Siber Apresiasi Pengungkapan Kasus Hacker Oleh Cyber Crime Polri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Pengamat kejahatan siber, Arbi Sutedja mengapresiasi kinerja Tim Cyber Crime yang berhasil mengungkap Kasus Hacker Asal Sleman yang berhasil Bobol Server Situs AS Pakai Ransomware hingga Peras Korban Rp 31,5 Miliar.

 

Untuk diketahui, fakta-fakta ini terungkap setelah hacker asal Sleman,Yogyakarta itu diciduk Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia. Hacker berinisial BBA (21) ditangkap karena meretas server sebuah perusahaan di Amerika Serikat, dengan modus ransomware yang kini lagi tren.

 

Kepala Subdirektorat II Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse dan Kriminal, Kombes Pol. Rickynaldo Chairul menjelaskan, kasus tersebut adalah pertama kali polisi berhasil menangkap seorang peretas dengan modus ransomware, yakni mengirimkan malware dengan tujuan untuk memeras korban.

 

Setelah pesan berisi malware tersebut di-klik, maka komputer dan servernya bisa dikuasai oleh pelaku. Untuk melepaskan diri dari jeratan itu, peretas meminta tebusan uang kepada korban. Modus ransomware ini sudah marak di dunia dan bisa dibeli di Darkweb. Tersangka BBA membeli malware tersebut di Darkweb kemudian disebar secara acak ke lebih dari 500 alamat surat elektronik di luar negeri.

 

Selama lima tahun menjadi peretas dengan modus ransomware, BBA berhasil mengumpulkan 300 Bitcoin, atau sekitar Rp 31,5 miliar jika dihitung dengan kurs tukar Bitcoin terkini. Dari hasil pendalaman, tersangka BBA juga membobol kartu kredit orang lain untuk berbelanja.

 

Dari tersangka BBA, Polisi berhasil menyita barang bukti berupa beberapa telepon seluler, komputer jinjing, iPad, buku rekening, peralatan-peralatan server komputer, mesin penambang Bitcoin, beberapa rakitan komputer, dan sepeda motor Harley Davidson. Tersangka BBA diancam hukuman penjara maksimal sepuluh tahun.

 

(fb/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password