Unjuk Rasa di Depan Istana, Polda Metro Jaya Siapkan Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Polda Metro Jaya menyiapkan personel gabungan TNI-Polri sebanyak 9.000 personel untuk mengamankan jalannya aksi mahasiswa di depan Istana Kepresidenan hari ini, Senin (28/10/19).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, ribuan personel yang diturunkan adalah personel gabungan.

“Disiapkan 9000 personel gabungan Polri-TNI,” ungkap Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin (28/10/19).

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, untuk pengalihan lalu lintas bersifat situsional. Namun, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Masih situsional, kita lihat jumlah massa dulu,” ungkap Kompol Fahri.

Ini dia rekayasa pengalihan arus yang disiapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ;

Penutupan dilakukan dari Medan Merdeka Barat ( Bundaran Patung Kuda ) sampai dengan Traffic Light Harmoni

Dari arah Medan Merdeka Timur ke Medan Merdeka Utara di arahkan ke Jalan Perwira

Dari Hayam Wuruk ke Jalan Majapahit di belokan ke kiri ke Juanda dan arus lalin dari Veteran Raya yang akan belok ke Jl. Majapahit di belok ke kanan jalan Gajah Mada.

Selain itu, terkait adanya penutupan ruas jalan disekitar Istana Negara oleh Polda Metro, PT Trans Jakarta baru saja memberi informasi untuk melakukan rekayasa transportasinya, pada , Senin (28/10/19).

“Selamat Siang, sehubungan dengan ditutupnya jalan dari di depan Kementerian Pariwisata/Patung Kuda (Medan Merdeka Barat) hinga Lampu Merah harmoni (Jalan Majapahit), dan Lampu Merah harmoni hingga Patung Kuda oleh pihak kepolisan, maka beberapa rute TransJakarta dilakukan pengalihan sementara,” jelas Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo, dalam keterangannya, Senin (28/10/19).

Berikut rekayasa rute Transjakarta :

1. Koridor 1 : Blok M – Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas berlaku kedua arah.

2. Rute 1A : PIK – Balai Kota mengalami perpendekan rute menjadi PIK – Harmoni terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

3. Koridor 2 : Harmoni – Pulo Gadung mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas s/d Halte Gambir 2.

4. Rute 6A: Ragunan – Monas via Kuningan saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Bank Indonesia via Kuningan terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

5. Rute 6B: Ragunan – Monas via Semanggi saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Bank Indonesia via Semanggi terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

6. Rute 5A : Kp.Melayu – Grogol mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas.

7. Rute 5A : Grogol – Kp.Melayu mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Plang bus BPKP s/d Halte Bank Indonesia.

8. Rute 7F : Harmoni – Kp.Rambutan mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas s/d Halte Gambir 2.

9. Rute DA4: Kota – MRT Dukuh Atas mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Pemberhentian Monas 1 s/d Bank Indonesia.

10. Rute DA4: MRT Dukuh Atas – Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia s/d pemberhentian Komplek Majapahit Permai.

11. Rute GR1 : Harmoni – Bundaran Senayan sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Monas 1 s/d Bank Indonesia.

12. Rute GR1 : Bundaran Senayan – Harmoni sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia s/d pemberhentian RRI.

13. Rute 1P: Bundaran Senayan – Senen mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Indosat s/d Monas 3.

14. Rute 9B: Pinang Ranti – Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati halte BI dan Monas.

15. Rute 2A: Kalideres – Pulogadung dan rute 2D: Rawa Buaya – ASMI mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati halte Monas s/d Gambir 2.

16. Selain itu, Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, untuk pengalihan lalu lintas bersifat situsional. Namun, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password