Pimpim Apel Gabungan di Timika, Ini Pesan Kapolda Papua

Tribratanews.polri.go.id – Mimika. Bertempat di halaman kantor pelayanan Polres Mimika, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw berikan arahan kepada Personil Polri dalam Upaya Harkamtibmas di Kabupaten Mimika tetap kondusif, Minggu (13/10/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia. S.Sos, Brimob BKO Gotontalo, Kalteng, Kalbar, Dan Yon B Brimob Mimika, Personil Polres Mimika.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam arahannya menyampaikan bahwa upaya yang telah dilakukan selama ini dalam rangka Harkamtibmas adalah hasil kerja bersama dan harus tetap dipertahankan, saya mengapresiasi tindakan yang telah dilakukan di wilayah ini dalam mengambil tindakan membubarkan massa yang dinilai berpotensi akan menimbulkan masalah yang jika dibiarkan terjadi pengumpulan massa yang besar akan berubah menjadi anarkis.

“Kepada personil Polres Mimika, karena banyaknya personil Satgas Aman Nusantara yang hadir disini untuk membantu, kalian harus proaktif memberikan masukan-masukan dan informasi sekecil apapun kepada personil BKO dan gunakan mereka untuk mengamankan wilayah ini,”kata Kapolda.

Lanjut Kapolda, Tujuan kita hadir disini tidak lain adalah untuk menjaga dan memelihara keamanan dan kenyamanan seluruh warga masyarakat yang ada di wilayah ini agar mereka bisa hidup tenang dan dapat beraktifitas dengan nyaman. Tingkatkan kegiatan Patroli Gabungan untuk tidak memberikan peluang-peluang bagi mereka yang berkumpul mulai dari beberapa orang lama-lama menjadi banyak dan mendiskusikan sesuatu, apalagi ditambah dengan mereka mengonsumsi minuman keras, ini akan mulai membuat rencana-rencana lain yang bisa mengganggu ketertiban umum.

“Untuk Lantas jangan hanya lakukan pengaturan Lalulintas tapi lakukan Razia, lakukan penertiban termasuk Lalulintas yang patroli jika menemukan ada kelompok masyarakat yang tidak jelas tujuannya berhentikan dan tanyakan tujuan apa dan bubarkan, perintahkan mereka untuk kembali ke rumah, apalagi kalau mereka dalam pengaruh minuman keras,”tagas Kapolda.

Lagi, Kapolda menambahkan, kepada para Kapolsek lakukan pemetaan dimana area yang rawan, yang agak rawan dan yang paling rawan untuk berikan masukan kepada pimpinan dan lakukan patroli kesana dengan body system, jangan sendrian dan selalu waspada. Jangan pernah berhenti untuk melakukan pendekatan dengan tokoh Masyarakat yang berpengaruh, tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Perempuan, tokoh pemuda dan terus menjalin komunikasi dengan siapapun dengan cara-cara yang humanis, berikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi oleh Masyarakat.

py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password