Jelang Kunjungan Presiden, Kapolda : Situasi Kamtibmas di Wilayah Papua Aman

Tribratanews.polri.go.id – Timika. Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan, situasi kamtibmas di seluruh wilayah Papua kini cukup aman dan kondusif menjelang kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Secara umum sampai dengan hari ini aman dan terkendali. Ini berkat dukungan dan kerja sama semua, baik teman-teman di lapangan, para perwira, pemerintah daerah, tokoh-tokoh, semua bekerja dengan baik untuk menciptakan suasana yang aman dan damai di Papua,” jelas Irjen Paulus di Timika, Papua, Jumat (25/10/19).

Kapolda Papua bersama Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab pada Jumat siang tiba di Timika untuk menyambut kedatangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Pelaksana Tugas Kapolri Komjen Polisi Ari Dono Sukmato.

Mendagri bersama rombongan dijadwalkan tiba di Timika pada Jumat petang dan pada Sabtu pagi besok akan terbang ke Wamena dan selanjutnya ke Jayapura untuk bergabung dengan rombongan Presiden Jokowi.

Kapolda mengatakan, jajarannya bersama Pangdam XVII Cenderawasih akan melaporkan perkembangan situasi di seluruh Papua kepada Mendagri, Panglima TNI dan Plt Kapolri. “Semua hal yang berkaitan dengan kunjungan kerja Bapak Presiden akan kami bahas dengan Beliau-beliau,” jelasnya.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab mengatakan sejauh ini belum ada kepastian waktu kedatangan Presiden Jokowi ke Jayapura yang dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura. “Soal kunjungan Bapak Presiden kami belum tahu pasti kapan, tapi kapan pun Beliau datang kami semua di Papua siap menyambut,” jelasnya.

Kunjungan kerja ke Papua merupakan kunjungan kerja perdana yang dilakukan oleh Presiden Jokowi setelah dilantik menjadi Presiden RI periode 2019-2024 bersama Wakil Presiden KH Mar’uf Amin pada 20 Oktober 2019.

Sebelum kedatangan Presiden Jokowi ke Papua, situasi kamtibmas di provinsi ujung timur Indonesia itu sempat memanas dengan terjadinya serangkaian aksi kekerasan seperti terjadi di Jayapura, Wamena, Ilaga dan beberapa tempat di Papua Barat seperti Sorong, Manokwari dan Fakfak.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password