Lakukan Patroli Siber, Polda Jatim Berhasil Ungkap Penipuan Order Fiktif Ojek Online

Tribratanews.polri.go.id-Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) berhasil menangkap komplotan penipuan order fiktif aplikasi ojek online (ojol) melalui fitur pemesanan makanan digulung beserta dengan barang bukti yang digunakan dalam praktik penipuan seperti puluhan ponsel dari berbagai merek, buku nota penjualan, mesin EDC, dan uang tunai senilai Rp 12 juta.

Diketahui, dari tindakan yang dilakukan pelaku itu, dirinya dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah per hari. Para tersangka tersebut yaitu MZ (30), FG (29), JA (23), AA (37), TS (35), AR (32) yang semuanya merupakan warga Malang.

Dalam modusnya, pelaku membuat akun restoran palsu dan pesanan palsu melalui akun pelanggan palsu yang mereka buat. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan melalui poin pemesanan dari klien.

Dijelaskan oleh Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara, pengungkapan penipuan itu berkat koordinasi dengan pihak ojol yang curiga dengan adamya transaksi yang mencurigakan, kemudian pihaknya melakukan patroli siber dengan memprofiling akun-akun yang dicurigai. Jumat (25/10/19).

“Pelaku menggunakan akun restoran fiktif. Misalnya, kita menggunakan pembelian pakai aplikasi GoFood, tapi tidak akan pernah datang makanan tersebut,” jelas Wadirreskrimsus Polda Jatim.

Benar adanya, dari patroli siber sejak September, Polda Jatim berhasil mengungkap penipuan order fiktif aplikasi ojek online (ojol) melalui fitur pemesanan makanan digulung.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password