Wakapolda Sulut Hadir dalam Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Penanganan Keamanan dan Keselamatan Transportasi ASDP

Tribratanews.polri.go.id – Manado. Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen. Pol. Drs. Alexander Marten Mandalika menghadiri kegiatan Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Penanganan Keamanan dan Keselamatan Transportasi Angkutan Sungai, Danau dan Perairan (ASDP), yang dilaksanakan Kemenkopolhukam RI di Hotel Fourpoints By Sheraton, Kamis(24/10/19).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yang mewakili Menkopolhukam RI yaitu Deputi Kemenkopolhukam Irjen Pol Carlo Tewu, Kemenhub RI, Kadis Perhubungan Sulut Linda W, Danlantamal VIII Manado, personel TNI AL, Polairud dan stakeholders terkait.

Dalam sambutannya, Deputi Kemenkopolhukam RI mengatakan bahwa kegiatan forum seperti ini sudah pernah dilakukan tahun lalu di Jakarta. Salah satu rekomendasi Menkopolhukam waktu itu, Pemerintah Daerah harus membentuk satu tim terpadu. Tetapi kali ini, untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan di angkutan ASDP, untuk mengurangi kejadian kecelakaan transportasi khususnya di sungai, danau dan perairan.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan agar tim terpadu yang terdiri dari semua stakeholders terkait dapat bekerja sama dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun draf SOP atau Standar Prosedur Operasional keselamatan pelayaran pada setiap aspek penyelenggaraan Angkutan Sungai, Danau dan Perairan (ASDP). Misalnya adalah SOP pada titik-titik dermaga, seperti jam operasional dan penerbitan surat izin berlayar, SOP pemeriksaan kelaikan, dan SOP lainnya yang menyangkut transportasi perairan,” tutup Deputi Kemenkopolhukam RI.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password