Polisi Tangkap Puluhan Penyusup Demo RUU Berseragam SMA

 

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polisi menangkap 36 diduga perusuh yang menyusup menggunakan seragam SMA. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prsetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan mereka  diduga menerima bayaran dan sudah mempersiapkan bom molotov untuk menciptakan kerusuhan pada demo tersebut.

“Kita sudah melakukan pengamanan khususnya di Jakarta Utara. Kemarin sudah merilis ada 36 orang yang diamankan terkait penyusupan dengan menggunakan seragam sekolah. Anak tersebut isi tatoan semuanya dan mereka dibayar bervariasi antara 20-40 ribu. Dan sudah disiapkan juga bom molotov yang dipersiapkan oleh mereka dalam rangka memang menciptakan demo yang damai itu menjadi demo yang rusuh,” terang Karo Penmas, Selasa (01/09/2019).

 

Disamping itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menduga sedikitnya ada 50 penyusup yang menyamar jadi pelajar dalam aksi demonstrasi di depan Gedung DPR, Senin (30/09/19) kemarin.

 

Penyusup itulah yang menjadi provokator dan perusuh selama demonstrasi hingga berakhir ricuh. Meski demikian, Mendikbud memperkirakan masih ada pelajar yang nekat berdemonstrasi walaupun telah dilarang oleh pihak sekolah masing-masing.

“Berdasarkan laporan yang sudah saya terima, ternyata mereka bukan siswa. Hanya memakai celana abu-abu dan setelah ditangkap ternyata mereka bukan para siswa. Mereka memakai celana abu-abu, pakai baju putih, tapi sebetulnya mereka bukan para siswa,” jelas Mendikbud.

(rj/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password