Polisi Ringkus Tujuh Pelaku Penipuan Modus Tranfer di Bandung

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Sebanyak 7 pelaku penipuan dengan modus pembayaran barang via tranfer berhasil diringkus oleh Satreskrim Polres Bandung. Dari hasil penangkapan tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari keenam ersangka tersebut.

Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan menjelaskan bahwa aksi penipuan itu dilakukan tersangka A dan rekannya. Tersangka A memesan barang ke salah satu perusahaan. Kemudian tersangka A membuat bukti transferan palsu dan seolah-olah sudah melakukan pembayaran.

“Jadi tersangka A seolah-olah memesan barang ke salah satu perusahaan, kemudian dibuatlah slip palsu seakan-akan dia sudah melakukan transferan,” jelas Kapolres Bandung di Mapolres Bandung, Soreang, Kamis (24/10/19).

Kapolres menjelaskan bahwa dalam kasus tersebut, baru dua perusahaan yang melapor telah menjadi korban penipuan para tersangka. Ia menegaskan, jajaran Polres Bandung akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut karena beberapa perusahaan di luar Bandung seperti di Tangerang, Bekasi dan lainnya sudah menjadi korban.

“Kami akan selidiki dulu, karena ternyata korban tidak hanya di Bandung saja, tetapi seperti di Tangerang, Bekasi sudah menjadi korban,” terang Kapolres.
Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas dari tangan para tersangka yaitu 1 unit printer, 3 unit handphone, dan dokumen nama-nama PT yang akan menjadi korban tindak pidana.

“Kami juga turut mengamankan 9 kartu handphone untuk menipu korban, 3 stempel perusahaan, dokumen transfer Bank Mandiri dan BNI fiktif yang sudah tertulis nominal pembelian barang,” jelas AKBP Indra Hermawan.

Polisi juga turut mengamankan barang bukti lainnya berupa 1 gulung kertas bukti transfer fiktif, 2 flashdisk, 3 stempel bertuliskan nama bank, dan 3 keping CD kosong serta 7 ton soda api.

“Akibat perbuatan para tersangka, pihak PT Harapan Kemika Indo Lestari mengalami kerugian sebesar Rp 135.995.000,” jelas Kapolres Bandung.

Atas perbuatannya, para tersangka kini mendekam di jeruji besi Mapolres Bandung. Mereka dijerat pasal 378 atau 372 dan 481 atau 480 KUH Pidana tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password