Polisi Berhasil Ungkap Peredaran 12,2 Kg Sabu Jaringan Internasional

Tribratanews.Polri.go.id – Bandung. Polisi berhasil mengamankan pelaku pengedar narkotika jenis sabu-sabu jaringan internasional berinsial MT (23) dan IA (40). Pelaku diamankan oleh petugas gabungan Satresnarkoba Polrestabes Bandung dan Bea Cukai di Bandara Husein Sastranegara dengan kepemilikan sabu seberat 12,2 kg. Sabu tersebut disimpan di bawah tumpukan baju yang dimasukkan ke dalam koper.

“Sabu itu dimiliki warga negara Nigeria berinisial S (masuk DPO). Modusnya, membawa koper milik S ke bandara dengan alibi berisi baju bermerek dari Kamboja ke Filipina dengan diberi upah USD 1000 atau Rp 14 juta,” jelas Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi saat konferensi pers, Rabu (23/10/19).

Kepala Kanwil Bea dan Cukai Jawa Barat Syaifullah Nasution mengatakan pelaku sudah terdeteksi sejak masih di dalam pesawat. Petugas mendapati data pelaku. “Data tersebut kita lihat dari penerbangannya, setelah mendarat kita curigai yang bersangkutan membawa sesuatu. Dia ini datang dari Malaysia,” jelas Syaifullah.

Kapolda juga menjelaskan, atas perbuatannya para tersangka dikenakan Pasal 113 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) dan/atau Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) dan/atau 112 ayat (2) UURI 35 tahun 2009 tentang Narkotika. “Ancaman hukuman dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun,” jelasnya.

Petugas lantas melakukan scan X-ray terhadap tubuh dan barang bawaan pelaku di dalam koper. Saat dilakukan scan, terdapat barang mencurigakan di dalam koper pelaku. Petugas lantas melakukan pemeriksaan dan ditemukan sabu-sabu di bawah tumpukan pakaian.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password