Efektif Kurangi Pelanggaran Lalu Lintas, Sistem ETLE Akan Diperluas di Jawa

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Korps Lalu Lintas Polri Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si, mengatakan dalam vidcon dengan seluruh Dirlantas Polri se-Indonesia bahwa sebaiknya Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, Dan Polda Jawa Timur untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka memperluas cakupan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) serta penyediaan sarana dan prasarana ETLE.

“Kepada Polda Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur seperti Banten dan Yogyakarta untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan sarana prasarana ETLE di daerah masing-masing untuk meningkatkan Kamseltibcar Lantas seperti hal-nya dengan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya,” jelas Kakorlantas Polri dalam vidcon, Selasa (22/10/19).

Penerapan sistem ETLE sangat efektif mengurangi pelanggar lalu lintas. Namun tetap harus diiringi kesadaran pengendara untuk bertindak tertib.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan, bahwa dalam hal ini perlu ada kajian lebih lanjut untuk setiap daerah terhadap ETLE berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. “Sebisa mungkin tahun ini para Dirlantas melakukan pengkajian mengenai ETLE di Polda Metro Jaya sehingga mengetahui apa saja yang harus dipaparkan saat berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Untuk diketahui, sistem ETLE sudah diterapkan diberbagai negara dibelahan dunia seperti Australia, Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Hungaria, Pakistan, Arab Saudi, Swedia, Turki, Ukrania, serta Inggris. Hanya saja istilah yang digunakan ialah Automatic number-plate recognition

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password