Polda Jatim Suvervisi E-Tilang, Warga Luar Kota Bisa Ditilang di Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Ditlantas Kepolisian Daerah Jawa Timur merencanakan penerapan e-tilang di selutuh wilayah provinsi Surabaya di tahun mendatang. Surabaya nantinya akan menjadi kota uji coba karena sarana dan prasarananya paling siap.

 

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol. Budi Indra Darmawan mengatakan, Surabaya telah melangkah lebih dulu ketimbang kota dan kabupaten lain.  Akan tetapi, dari hasil uji coba sebelumnya, masih ditemukan kendala dalam penerapan tilang elektronik tersebut. Terutama soal pelacakan nomor polisi (nopol) kendaraan bermotor. Yang bisa terdeteksi hanya nopol pelat L alias asli Surabaya. Kalau yang melanggar kendaraan dari luar kota, datanya tidak bisa diakses.

 

Untuk itu, Polda Jatim akan mengoordinasikan data dari polres serta instansi pemda. Jika data tersebut sudah siap, pelanggar dari luar kota bisa ditilang di Surabaya. Begitu pula sebaliknya jika daerah lain sudah siap. Maka, warga Surabaya yang melanggar di kota lain juga bisa ditilang dengan memanfaatkan CCTV.

 

Surabaya menjadi percontohan untuk daerah lain karena telah memiliki 23 titik pantau lalu lintas yang menggunakan CCTV. Jumlah tersebut paling banyak daripada daerah-daerah lain. Saat diterapkan nanti, penilangan tersebut akan dikoordinasi Polda Jatim melalui RTMC (regional traffic management center). Itu juga akan terkoneksi dengan Surabaya intelligent transport system (SITS) milik Dishub Surabaya.

 

Polda menjadwalkan pertemuan dengan instansi lain untuk membahas hal tersebut. Instansi itu, antara lain, polda, polres, dishub, dinkes, dinas PU bina marga dan pematusan, samsat, serta Jasa Raharja.

 

Setelah Surabaya, sasaran berikutnya adalah Sidoarjo. Kota Delta itu dianggap polda telah memenuhi syarat adanya CCTV tilang. Surabaya sudah sangat siap dalam penerapan e-tilang. Dari segi penggunaan teknologi, kamera yang ada pada CCTV juga sudah memadai. Teknologi kamera tersebut sudah bisa menangkap gerakan cepat.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password