Terkait Karhutla di Riau, Berikut 5 Perusahaan yang Naik Status ke Tahap Penyidikan

Tribratanews.polri.go.id. – Riau. Serius menangani kasus karhutla, pihak Kepolisian melakukan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, hingga saatn ini sudah ada 5 korporasi yang naik status ke tahap penyidikan.

 

Hal itu pun menjadi sinyal dari Polda Riau terhadap perusahaan ‘nakal’, di mana ada konsekuensi hukum yang menanti atas kejahatan pembakaran lahan, yang berdampak timbulnya kerugian, kerusakan lingkungan hingga memicu kabut asap di Provinsi Riau.

 

Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Pol. Andri Sudarmadi mengatakan, kasus lima perusahaan yang ditangani Ditreskrimsus Polda Riau tersebut sudah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ketahap penyidikan. Ini juga merupakan join investigasi pihaknya dengan Bareskrim Mabes Polri.

 

“Sampai saat ini sudah dua korporasi ditangani Ditreskrimsus, diantaranya PT SSS dan menyusul PT TI. Kemudian tiga lagi sedang kita bidik dan juga sudah status penyidikan, ini join investigasi Polda Riau dan Bareskrim. Kita lakukan percepatan untuk memproses ini,” ungkap Dir Reskrimsus Polda Riau.

 

Kelima perusahaan tersebut, antara lain PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) di Kabupaten Pelalawan. Setakat ini berkas perkaranya sudah diserahkan ke kejaksaan untuk diteliti (Tahap 1) dan tersangka juga telah ditahan. Kemudian PT Teso Indah (TI) di Kabupaten Inhu, PT Adei Plantation (AP) di Pelalawan, PT Gelora Sawit Makmur (GSM) di Kecamatan Koto Gasip Kabupaten Siak serta PT Wahana Sumber Sawit Indah (WSSI) yang juga terletak di Koto Gasip, Kabupaten Siak Sri Inderapura.

 

Selain untuk perusahaan, jeratan hukum juga diberikan kepada pejabat fungsional dari korporasi tersebut. “Kita minta jangan membuka lahan dengan dibakar, sehingga tidak timbulkan kerugian. Jika dilakukan maka akan berhadapan dengan hukum. Hujan boleh turun, asap boleh hilang, tetapi Satgas Gakkum dan jajaran tidak pernah surut tuntaskan kasus Karhutla,” tegas Dir Reskrimsus Polda Riau.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password