Apel gelar pasukan penyerahan linmas kepada Polres Lampung Barat

Tribratanews.Polri.go.id-Polres Lampung Barat-Bukti dukungan pemerintah daerah terhadap suksesi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Barat (Lambar) 15 Februari mendatang  salah satunya yakni menyiapkan Satgas Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk membantu pihak kepolisian dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat menyampaikan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Melalui apel gelar pasukan yang  digelar Kamis, (26/1) di Lapangan Pemkab, Pemkab akan menyerahkan 1.428 anggota Linmas yang tersebar di 15 kecamatan kepada Polres Lambar untuk selanjutnya ditugaskan ke masing-masing TPS, pekon/kelurahan maupun di Kecamatan.

Kasta Pol-PP Lambar Jaimin, S.Ip., mengatakan, apel pasukan yang digelar di lapangan pemkab setempat hari ini dalam rangka untuk menujukkan kesiapan pemerintah daerah dalam  rangka  turut mensukseskan Pilkada yang tinggal hitungan hari lagi. ”Pemkab akan menyerahkan  1.428 anggota Linmas kepada Polres besok, dari total 1.428 tersebut dengan rincian Linmas TPS dua orang per TPS dikalikan 533 TPS sehingga jumlah keseluruhan 1.066 orang Linmas,  kemudian Linmas Pekon dan Kelurahan dua orang dikalikan 136 pekon dan kelurahan dengan jumlah total 272 orang, selanjuutnya Linmas kecamatan sebanyak enam orang kali 15 kecamatan berjumlah 90 orang,”  ungkap Jaimin.

Kata dia, untuk pelatihan-pelatihan anggota 1.428 anggota Linmas tersebut telah dilakukan sejak dua tahun terakhir, dan setelah dilakukan penyerahan kepada pihak kepolisian maka dalam pelaksanaan Pilkada nanti anggota Linmas akan berada di bawah kendali pihak kepolisian,  yang nantinya juga akan mendapatkan pelatihan dari pihak kepolisian. ”Selain apel gelar pasukan,  Linmas juga akan diarahkan ke GSG (Gedung Serba Guna), dimana akan dikukuhkan menjadi Forum Komunikasi Linmas. Selain itu dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan penyerahan Spt (surat perintah tugas) Tks Pol-PP dan Pemadam kebakaran,” terangnya.

WhatsApp Image 2017-01-26 at 14.12.32Mengingat saat ini Satpol-PP Lambar juga menaungi Pemadam kebakaran, kata dia, maka diharapkan nantinya baik Satpol-PP, Pemadam kebakaran dan Linmas bisa bersinergi dalam pelaksanaan tugas, dan  terus menjalin komunikasi. ”Misalnya nanti ada musibah kebakaran,  harapan kami bukan hanya anggota pemadam kebakaran saja yang  turun, melainkan  Satpol-PP dan Linmas juga akan turun membantu, selain itu kami juga menekankan agar  tiga unsure ini terus menjalin komunikasi,” pungkasnya.

Semenatar itu Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari dalam amanatnya menyampaikan pemilihan umum merupakan sarana demokrasi untuk mewujudkan kadaulatan rakyat dan harus diselenggarakan lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya dan dilaksanakan dalam suasana kondusif yang diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, aman dan tentram. suksesnya pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah tidak hanya menjadi tanggung jawab komisi pemilihan umum daerah (KPUD) kabupaten Lampung Barat selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat.

Selanjutnya,  pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten lampung barat tahun 2017 ini perlu didukung kesiapan yang mantap dan akurat baik teknis maupun perangkat perlindungan masyarakat yang profesional, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

“kita ketahui bahwa satuan perlindungan masyarakat (linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.  begitu penting dan besarnya peran linmas ini dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, maka sangat bijaksana jika pemerintah memberikan perhatian kepada aparat linmas, kita juga harus memberikan apresiasi terhadap peran mereka selama ini”,Jelasnya.

Satuan perlindungan masyarakat (linmas) sebagai pengorganisasian masyarakat dalam pembelaan negara terpanggil untuk ditugasi membantu aparat pemerintah dalam pengamanan penyelenggaran pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten lampung barat tahun 2017, baik pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) maupun pengamanan secara umum, terutama dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Kemudian pengukuhan forum komunikasi linmas ini dilaksanakan dalam rangka memberikan makna dan spirit segenap warga linmas untuk tetap bersemangat dalam pengabdiannya pada masyarakat, bangsa dan negara serta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para petugas satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan gangguan dan ancaman dengan cepat, dan tepat.

“Tentu saja upaya kita tidak berhenti dengan terbentuknya forum linmas ini saja, tetapi kita lanjutkan dengan upaya dan langkah-langkah lain yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan dengan melibatkan jajaran pemerintah yang berkaitan dengan pembinaan linmas”, Ujarnya sembari menyampaikan kepada anggota linmas yang telah dilantik dan dikukuhkan sebagai pengurus forum perlindungan masyarakat kabupaten lampung barat saya sampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta rasa terima kasih saya karena hal ini membuktikan kepedulian saudara.  kedepan pemerintah kabupaten lampung barat akan terus berupaya untuk meningkatkan peran linmas dalam mewujudkan masyarakat yang tertib dan tentram.

Publikasi       : Edi S

Editor            : Kang Iqbal

Penulis          : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password