Gelar “Police Goes To Campus”, Wakapolda Jateng Berharap Bisa Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Usia Produktif

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Bekerja sama dengan Korlantas Polri, Polda Jawa Tengah, dan Dishub Jawa Tengah, Sukses menggelar acara Police Goes To Campus di Gedung Prof Sudharto Undip Tembalang, Kamis (17/10/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirgakkum Korlantas Polri, Wakapolda Jateng, Rektor Undip, Anjak Korlantas bidang Gakkum, Kasubdit Dikmas Korlantas Polri, Para PJU Polda Jateng, Para pembantu Rektor UNDIP, Kabid Pelayanan Jasa Raharja, PJU Polda Jateng.

Sambutan Kapolda Jateng yang dibacakan oleh Wakapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi, SH. SSt. MK, Dengan diselenggarakan kampanye pelopor keselamatan berlalulintas di kampus UNDIP ini. Semoga menjadikan motor penggerak di kampus kampus se Indonesia.

“Sebagai kampus milenial pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Pembunuh no 1 di Jateng bukan tindak pidana terorisme dan pidana lain melainkan kecelakaan lalin. Police Goes To Campus tersebut dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara di lalu lintas serta kesadaran khususnya bagi mahasiswa untuk tertib administrasi kendaraan,” jelas Wakapolda.

Brigjen Pol Ahmad Luthfi, lalu lintas mempunyai masalah yang kompleks. Untuk wilayah Jateng sendiri, menyumbang angka kecelakaan yang cukup besar yakni 19.261 kecelakaan selama satu tahun. Mengalami kenaikan 45% dibanding tahun 2018 lalu.

“Maka dari itu, kami pihak Kepolisian, Pemerintah serta stakholder terkait menyusun rencana umum keselamatan. Demi mewujudkan keselamatan di jalan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Polri melalui Korlantas Polri membuat beberapa program unggulan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas agar patuh hukum dan sadar berlalu lintas. Salah satunya dengan membuat Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa).” jelas Jenderal Bintang Satu tersebut.

Dimana target Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa) adalah para mahasiswa. Sehingga diharapkan para mahasiswa nantinya dapat memberikan tauladan di lingkungan tempat tinggalnya. “Saya berharap dapat menjadi pencetus dan pendorong terwujudnya kampus-kampus pelopor keselamatan lainnya di Indonesia, khususnya di Jateng. Semoga kegiatan ini bisa menjadi dampak posirif dan bisa terus dilakukan secara berkesinambungan untuk menurunkan angka laka lantas. Dalam mewujudkan generasi bangsa yang sadar berlalu lintas.” jelas Wakapolda.

Wakapolda menambahkan, dengan adanya Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa) ini, akan membantu mengurangi orang yang meninggal dunia di Jateng akibat kecelakaan. “Untuk itu, saya mewakili bapak Kapolda mengucapkan terimakasih kepada Korlantas Polri yang mencetuskan KaPeKa.” jelasnya.

Korlantas yang diwakikan Dirgakkum Brigjen Pol Drs. kushariyanto dalam sambutannya mengatakan Kampus UNDIP sebagai pilot project Milenial keselamatan berlalu lintas. “Merajut persatuan dalam kebhinekaan dan road safety to zero accident. Program Police Goes To Campus merupakan wujud komitmen Polri dalam membangun kesadaran tertib berkendara kepada masyarakat usia muda/produktif,” jelasnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password