Kapolda Riau Jelaskan Bahaya HOAX Bila Tak Gunakan Media Sosial Dengan Bijak

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Kapolda Riau, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., membuka acara Seminar Digital II Half Day dan Workshop dengan tema “Mengenal Tools Google untuk Filter Informasi dan Hoaks di Era Disrupsi”, yang di adakan di The Zuri Hotel Jalan Soekarno-Hatta, Selasa (15/10/2019).

Dalam sambutannya, Kapolda Riau menjelaskan bahwa alasan masyarakat Indonesia sangat rentan diserang bahaya Hoax.

“Segala macam bentuk Hoax akan menerpa dan singgah lalu langsung diyakini kebenarannya oleh netizen pengguna medsos di Indonesia,” jelas Kapolda Riau itu.

Kepolisian sudah melakukan penyuluhan maupun himbauan tentang Tindak Pidana Cyber sebagai bentuk dari Kesadaran bermedia Sosial atau Cyber Awareness.

“Polri rutin melaksanakan Patroli Cyber di medsos maupun di Media-Media Online. Polri juga melakukan diseminasi maupun counter narasi serta melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat yang melaporkan secara Offline TP Cyber dan melakukan koordinasi internal dalam penanganan TP Cyber,” jelas Kapolda lebih lanjut.

Kapolda juga menegaskan bahwa penyebar hoax akan dikenakan pasal UU ITE.

“Jika ada yang melanggar akan di kenakan sanksi pidana yang diatur dalam UU ITE (UU nomor 19 tahun 2016) yang merupakan perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008,” tegasnya.

Kapolda berharap kepada masyarakat terutama di Provinsi Riau agar berhati-hati serta bijak dalam menggunakan media sosial.

“Saya berharap Seluruh nettizen di Indonesia agar Bijak menggunakan medsos, kritis itu bagus dan boleh, namun harus mampu menetralisir dan menjauhi sikap provokatif, dan mengkritisi tidak sama dengan menjatuhkan,” pungkas Jenderal Bintang Dua itu .

Seminar juga menghadirkan pembicara lain yaitu Pejabat Sekda Provinsi Riau, Ahmad Syah Harofie, Pemimpin Redaksi Riauonline.co.id Fakhrur Rodzi, Ketua Umum Mafindo Septiaji Eko Nugroho, dan Miftahul Roechaddy selaku Spesialis Dukungan Bisnis Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Sumatera Bagian Utara.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password