Polda NTT Siap Amankan Pilkada Serentak 2020

Tribratanews.polri.go.id – Kupang. Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menerjunkan dua pertiga kekuatan untuk mengamankan Pilkada serentak 2020 mendatang pada 9 Kabupaten.

“Pada daerah, Kabupaten tertentu yang kami anggap rawan ganggunan kamtibmasnya, kami menempatkan personil hampir dua kali lipat,” jelas Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. H. Hamidin, Rabu (16/10/19).

Ia menjelaskan bahwa karena ada 9 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2020 mendatang, dalam penempatan personil nanti akan dilaksanakan rayonisasi. Polres tetangga yang wilayahnya tidak melaksanakan Pilkada serentak anggotanya digeser membantu.

Misalnya anggota Polres Sumba Timur akan digeser ke Sumba barat membantu pengamanan Pilkada. Begitu pula Polres Ende anggotanya akan digeser membantu Polres Ngada membantu ppengamanan Pilkada di Kabupaten Nagekeo.

“Dalam penempatan personil nanti kami akan pakai sistim rayonisasi. Selain dari anggota Polda, kami juga akan geser anggota dari Polres terdekat. Jadi Polres yang wilayahnya tidak menyelenggarakan Pilkada anggotanya kami perbantukan ke Kabupaten tetangga yang mengadakan hajatan ini,” jelas Kapolda lebih lanjut.

Mantan Kapolda Sulawesi Selatan ini menyebutkan jika dalam pengamanan pileg dan Pilpres lalu Polda NTT menerjunkan dua pertiga kekuatan yakni 7.478 anggota maka untuk pilkada serentak 2020 mendatang jumlah ini masih dipertahankan.

“Jumlahnya tetap sama dengan Pileg dan Pilpres lalu. Hanya penempatannya pada 9 Kabupaten saja yang menyelenggarakan Pilkada serentak. Penemmapatn personil juga tentunya tidak sama pada tiap Kabupaten. Tetapi disesuaikan dengan kondisi dan kewaranan daerah itu,” pungkas Jenderal Bintang Dua itu.

Untuk Pilkada serentak tahun 2020 mendatang di NTT ada 9 daerah yang melaksanakan yakni Kabupaten Malaka, Belu, TTU, Sabu Raijua, Ngada, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Sumba Barat.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password