Ditlantas Polda Sulsel Mulai Terapkan Smart SIM 4.0

Tribratanews.polri.go.id. – Makassar. Sejak Senin (23/9) lalu, telah diluncurkan Smart SIM oleh Korlantas Mabes Polri. Saat ini, Ditlantas Polda Sulsel dan jajaran telah menerima dan mulai menerapkan, Smart SIM dan Sim Online untuk hal penilangan.

Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol. Aries Syahbuddin, menjelaskan, SIM ini akan merekam perilaku pengendara. “Sim ini punya Chip yang menyimpan data perilaku pengendara,” ungkap Kombes Aries kepada tribun, Senin (14/10/2019).

 

Smart SIM ini diharapkan akan menjadi database bagi pengendara roda dua serta jenis roda empat, dalam hal berlalu lintas. “Hal keamanan, SIM ini nanti lebih susah untuk dipalsukan. Karena Chip yang dipakai akan koneksi dengan aplikasi,” jelas Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol. Aries Syahbuddin.

 

Contohnya, seperti pengendara yang kena tilang terekam saat petugas menempelkan SIM itu ke aplikasi di handphone petugas. Aplikasi tersebut yang bisa merekam ke Chip dalam Smart Sim 4.0 itu, hanya bisa dimiliki oleh personel anggota Polantas.

 

Untuk diketahui, untuk Smart SIM sebagai legalitas dalam berkendara, dan smart SIM ini juga dipakai sebagai uang elektronik. “Sini sudah sebagian bertahap karena ada beberapa satpas yang masih ada stock Sim lamanya,” tambah Dirlantas Polda Sulsel.

 

(fa/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password