Rapat Koordinasi Di Nabire : Polres Nabire Bersama KPUD Dogiyai Gelar Pembahasan Tahapan Pilkada Dogiyai 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Nabire Papua, Pilkada Serentak tinggal menghitung hari, oleh karena itu Polres Nabire lakukan pertemuan dan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bersama Pihak KPUD Dogiyai, Panwas, DPRD Kabupaten Dogiyai, Kodim 1705/PN, Para Kandidat Cabup dan Cawabup Dogiyai serta Para Tim Sukses masing – masing kandidat serta Para Tokoh Kabupaten Dogiyai.

Rakor ini digelar bertempat di Ruang RBP Polres Nabire pukul 11.00 wti, Kamis (26/01/17) siang. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Nabire AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE, Kasdim 1705 / PN Mayor Kav. Syahrul Hidayat, Ketua KPU Dogiyai Moses Magai, SIP, Komisioner KPU Dogiyai Andreas Tibakoto S.Sos, Komisioner KPU Dogiyai Orva Tigi, SIP, Komisioner KPU Dogiyai Yohanes Pigai, SH.

IMG-20170126-WA0317

Pasangan Calon Nomor urut 2 Anthon Iyowau dan Januarius Tigi, SIP, Pasangan Calon Nomor Urut 1 Yakobus  Dumupa dan Oskar Makai, Ketua Tim Pemenangan Nomor Urut 2 Yuliten Anouw, Anggota DPRD Dogiyai Yusak Ernest Tebay, Ketua Dewan Adat kabupaten Dogiyai Germanus Goo, Sekretaris Panwaslu Dogiyai Stevanus Tigi, Para Perwira Polres Nabire serta Tamu Undangan lainnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi diawali dengan pemberian sambutan  dan penyampaian antara lain :

a. Ketua KPU Dogiyai Moses Magai, SIP :

1). Hari efektif jelang hari pemungutan suara Pilkada Dogiyai adalah 20 hari kerja, dalam kurun waktu ini masih terdapat beberapa permasalahan yang sampai saat ini beberapa permasalahan tersebut telah dapat diselesaikan dengan baik.

2). Ketua KPU Dogiyai yang lama yaitu MATIAS BUTU telah mendapat surat pemberhentian dari DKPP karena dianggap telah melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu.

3). Sesuai hasil musyawarah dan pemilihan 4 ( empat ) anggota komisioner KPU Dogiyai, maka dirinya telah ditunjuk untuk menggantikan MATHIAS BUTU sebagai ketua sementara KPU Dogiyai yang baru.

4). Tahapan kampanye terbuka sampai saat ini belum bisa dilaksanakan karena belum adanya ketersediaan dana, dimana realisasi dana Pilkada Tahap II sampai saat ini belum dicairkan oleh Pemda Dogiyai.

5). Logistik Surat Suara dan Formulir telah berada di kabupaten Nabire dan saat ini sedang dalam proses sortir dan pelipatan surat suara bertempat di gudang KPU Nabire.

6). Untuk teknis distribusi Logistik Pilkada Dogiyai, 8 ( delapan ) PPD akan didroping melalui Dogiyai sedangkan untuk 2 ( dua ) PPD yaitu PPD Piyaiye dan PPD Sukikai Selatan akan didrop melalui Nabire.

7). Menghimbau segenap pihak yang berkompeten agar dapat bersama – sama dengan KPU Dogiyai untuk bersama – sama mensukseskan Pilkada Dogiyai 2017.

IMG-20170126-WA0318

Kapolres Nabire AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE :

1). Polres Nabire pada intinya siap mengamankan pentahapan Pilkada Dogiyai dan secara berkesinambungan menjalin komunikasi baik antara KPU, Panwaslu, para pasangan calon, para timses pemenangan, tokoh masyarakat dan segenap elemen masyarakat agar tercipta sitkamtibmas  kondusif di Dogiyai.

2). Menghimbau agar pihak KPU dan Panwaslu Dogiyai dalam menjalankan tahapan Pilkada sesuai dengan koridor perundang-undangan dalam Pemilu serta tidak menjadi pemicu timbulnya permasalahan baru ( konflik sosial ) yang mengganggu sitkamtibmas  Dogiyai.

3). Kegiatan / upaya cipta kondisi kamtibmas ( razia dan patroli ) yang dilaksanakan oleh Polres Nabire di Kabupaten Dogiyai adalah upaya Polres nabire untuk menekan potensi gangguan kamtibmas dan barang – barang yang disita / diamankan dari masyarakat adalah yang berimplikasi pada gangguan nyata ( sajam dan miras ).

4). Apabila dalam kegiatan cipta kondisi kamtibmas yang dilaksanakan oleh Polres Nabire di Dogiyai dianggap berlebihan dan telah meresahkan masyarakat, maka disarankan agar masyarakat Dogiyai melaporkan hal tersebut ke Polda Papua.

5). Menghimbau kepada para pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Dogiyai dapat menenangkan massa pendukung masing – masing agar tidak terjadi gesekan antar massa pendukung yang dapat menyebabkan konflik sosial berkepanjangan akibat Pilkada Dogiyai.

6). Untuk permasalahan realisasi dana Pilkada tahp II yang sampai saat ini belum terselesaikan, Kapolres menghimbau agar dibentuk tim yang terdiri dari KPU dan Pemda Dogiyai untuk sesegera mungkin menelusuri pencairan dana Pilkada tahap II tsb.

7). Apabila dalam realisasi dana Pilkada Tahap II terdapat kejanggalan dan pelanggaran, Polres Nabire melalui Sentra Gakkumdu akan melakukan proses penyelidikan dan penyidikan terhadap elemen – elemen yang berkompeten dalam proses pencairan dana tersebut.

Kasdim 1705/PN Mayor Kav. Syahrul Hidayat :

1). TNI akan selalu mendukung segala upaya yang dilaksanakan oleh Polres Nabire dalam mengamankan pentahapan Pilkada Dogiyai.

2). Menghimbau semua elemen masyarakat Dogiyai dapat mesukseskan Pilkada Dogiyai 2017.

Sekretaris KPU Dogiyai Pilipus Magai, A.Md :

1). Dalam kesepakatan NPHD disebutkan bahwa dana Pilkada tahap II akan direalisasikan 90 hari sebelum hari pemungutan suara, namun sampai saat ini dana tersebut belum juga dicairkan oleh pemda Dogiyai.

2). Dana Pilkada Dogiyai Tahap II semestinya masuk dalam APBD Dogiyai tahun 2016, namun dalam pelaksanannya sampai saat ini belum direalisasikan.

3). Apresiasi kpd Polres Nabire yang telah mengawal dan mengamankan tahapan Pilkada Dogiyai sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

4). Beberapa kendala akibat belum adanya dana Pilkada Tahap II antara lain :

a). Belum dibayarkannya pencetakan logistik surat suara dan formulir Pilkada Dogiyai di PT Adi Perkasa Makassar.

b). Belum terlaksananya kampanye terbuka ( debat Publik dan rapat Umum ).

Calon Bupati Nomor Urut 2 ANTHON IYOWAU

– Berlarut- larutnya proses pencairan Dana Pilkada Dogiyai tahap II diindikasikan karena ada kepentingan politik dari HERMAN AUWE ( mantan Plt. Bupati Dogiyai ) dimana baik bendahara maupun pejabat – pejabat di Dogiyai adalah kroni nya, sehingga disarankan agar KPU Dogiyai sgr bertemu dan kordinasi dgn Mantan Plt Bupati Dogiyai, Penjabat Bupati Dogiyai Emi Enumbi, Ka BPKAD dan Bendahara Non dik utk segera merealisasikan dana Pilkada Dogiyai tahap II.

Ketua Dewan Adat kabupaten Dogiyai GERMANUS GOO :

1). Menyarankan  agar dalam setiap tindakan kepolisian di Kabupaten Dogiyai harus didahului dengan upaya persuasif seperti memberikan pengumuman kepada masyarakat mengingat pola pikir masyarakat Dogiyai berbeda dengan daerah lain.

Adapun kesimpulan dalam rapat tersebut antara lain :

a. Segenap pihak dan komponen sepakat dan  berkomitmen mensukseskan Pilkada Dogiyai 2017 agar terlaksana dgn aman, sukses dan lancar.

b. Akan segera dibentuk tim yang bermaterikan KPU Dogiyai, Mantan Plt Bupati Dogiyai Herman Auwe dan Pemda Dogiyai (Penjabat Bupati dan Ka BPKAD Kab Dogiyai) guna menelusuri proses realisasi dana Pilkada Dogiyai tahap II.

c.Tahapan pilkada Dogiyai selanjutnya akan segera dilaksanakan pada kesempatan pertama setelah realisasi dana Pilkada Dogiyai Tahap II.

d. Polres Nabire akan tetap melaksanakan kegiatan razia dan patroli rutin di Dogiyai sebagai bentuk cipta kondisi kamtibmas dlm rangka stabilitas kamtibmas yg aman dan kondusif selama tahapan  Pilkada Dogiyai maupun keamanan umum lainnya.

Penulis : Efer Lamba

Editor : Kang Iqbal

Publish : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password