Kapolda NTT: HUT Polwan Ke 71, Polwan Berkontribusi Untuk Kemajuan Institusi Polri

Tribratanews.polri.go.id – NTT. Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Raja Erizman mengatakan bahwa Peringatan Hari Jadi Polwan ke 71 ini menjadi momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, tidak hanya bagi kemajuan institusi Polri namun juga bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan Jenderal Bintang Dua ini saat memberikan sambutan Kapolri dalam acara syukuran HUT Polwan ke 71 di Oriental Hotel Kupang, Selasa (10/9/19).

Sejarah mencatat kelahiran Polwan tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Latar belakang pembentukan Polwan adalah kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran petugas keamanan berjenis kelamin wanita. Mereka dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akibat Agresi Militer Belanda I tahun 1947.

Pada perkembangannya, enam orang Polwan pertama, sekaligus enam wanita ABRI pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan wilayah pedalaman.

Banyak pelajaran penting yang dapat kita petik dari peristiwa tersebut. Selain menjadi bukti Kecepatan Polri dalam merespon setiap kebutuhan masyarakat, pembentukan Polwan juga menunjukkan penghormatan Polri terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Catatan sejarah tersebut juga menjadi bukti bahwa sejak awal kelahirannya, Polwan telah mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan.

“Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya” ujar Kapolda NTT.

Hal tersebut selaras dengan tema peringatan Hari Jadi ke-71 Polwan tahun 2019, yaitu “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polwan untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Sejalan dengan hal tersebut, Kapolri telah memberi kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun luar negeri, serta untuk menduduki jabatan operasional.

“Saat ini, tiga Polwan telah menyandang pangkat Brigjen, 65 Polwan berpangkat Kombes, 644 Polwan berpangkat AKBP, 959 Polwan berpangkat Kompol, serta 5.672 Polwan berpangkat Perwira Pertama. Tidak hanya itu, empat Polwan juga sedang mengemban jabatan Kapolres, 14 Polwan sedang menduduki jabatan Wakapolres, dan 32 Polwan mengemban jabatan Kapolsek”tambahnya.

Di dunia internasional, Polwan Republik Indonesia juga memiliki kiprah cemerlang. Sepanjang tahun 2019, 22 orang Polwan ikut melaksanakan Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB di tujuh negara, yaitu Afrika Tengah, Haiti, Mali, Congo, Sudan, Sudan Selatan dan Yaman.

Polwan Republik Indonesia juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tahunan ke-58 Asosiasi Polisi Wanita Internasional, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 10 September 2020, di Yogyakarta.

“Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-71 Polisi Wanita Republik Indonesia. Segenap doa senantiasa teriring kepada seluruh Polwan di manapun bertugas, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Umum Bhayangkari selaku Ibu Asuh Polwan, yang tanpa pernah mengenal lelah, meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan gagasan, dalam membina Polwan, sehingga dapat meraih berbagai prestasi yang sangat membanggakan” ucap Kapolda NTT mengakhiri sambutan Kapolri.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password