Bahas Solusi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla, Divhumas Polri Gelar FGD dengan Lembaga Terkait

Tribratanews.polri.co.id-Jakarta. Divisi Humas Polri menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Solusi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Berbasis Kolaborasi Antar Lembaga Terkait” di Cosmo Amaroossa Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/19).

Kegiatan yang dihadiri Karo Multimedia Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. H. Budi Setiawan, M.M., dan Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. Syahardiantono, M.Si., tersebut turut dihadiri oleh Kepala BNPB yang diwakili Diputi II Lilik Kurniawan, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruandha Agung Sugardiman, Dirtipiter Bareskrim Polri yang diwakili oleh Kasubdit III Kombes Pol. Irsan, S.I.K., M.Si., dan perwakilan Mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal PPI Ruandha Agung Sugardiman mengatakan berdasarkan survey dan diskusi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, menunjukkan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla), disebabkan karena faktor manusia, disengaja, dan pelakunya merupakan suruhan pihak lain, serta dimaksudkan untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan.

Dirinya menekankan perlunya kolaborasi antar lembaga, dengan memanfaatkan dana yang selama ini digunakan untuk pemadaman karhutla, dapat difokuskan pada tahap pencegahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan Direktur Jenderal PPI, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lili Kurniawan juga menyampaikan bahwa pencegahan dan keterlibatan multipihak menjadi kunci. Disamping itu, perlu ada rumusan kedepan, cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kasubdit III Direktorat Tindak Pidata Tertentu Bareskrim Polri, Kombes Pol. Irsan mengatakan Penanganan TKP Karhutla, berbeda dengan kejahatan lain.

“Biasanya penyidik segera menuju TKP setelah ada laporan, sedangkan untuk karhutla kita menunggu api padam dulu misalnya,” jelasnya.

Menurutnya, serta masyarakat sangat besar dalam pencegahan karhutla. Selain itu sinergi antar lembaga demi penguatan kapasitas penegakan multidoor karhutla.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password