Masa Berlaku SIM Sudah Mau Habis ? Berikut Persyaratannya

Tribratanews.polri.go.id– Jakarta. Pelayanan kepada masyarakat Indonesia yang dilakukan oleh Kepolisian negara Republik Indonesia terus mengalami perkembangan-perkembangan yang cukup signifikan sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada.

Dalam hal ini, Polri telah juga kembali memberikan keterangan terkait perpanjangan SIM yang selama ini menjadi keraguan masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM.

 

Pada dasarnya, perpanjangan SIM bisa dilakukan disemua lokasi, tidak harus sesuai dengan domisili. Hal tersebut juga kembali ditegaskan oleh Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar. “Bisa asalkan memiliki kartu identitas dan SIM belum habis masa berlakunya, karena sudah online,” ungkap Kompol Fahri. Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan SIM keliling yang sudah tersebar di setiap wilayah Indonesia.

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi saat memperpanjang SIM, sesuai Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2016 dan Peraturan Kapolri No 9 tahun 2012 :

 

• Kartu identitas (e-KTP atau paspor) asli dan fotocopy.
• Membawa SIM asli yang masih berlaku, paling tidak tersisa satu minggu lagi.
• Surat keterangan sehat jasmani. Jika tidak, bisa dilakukan pengecekan langsung dengan biaya sekitar Rp 25.000
• Biaya administrasi perpanjangan SIM, yaitu Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A.

 

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password