Serba-Serbi Bhabinkamtibmas : Obrolan Santai Polisi Desa Bersama Warganya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bagi seorang Bhabinkamtibmas, sambang desa merupakan hal yang biasa sekaligus kewajiban dan rutinitas sehari-hari. Sambang desa tidak memerlukan suasana formal layaknya rapat atau workshop. Yang terpenting adalah seorang Bhabinkamtibmas dapat bertemu dan bertatap muka serta berinteraksi secara langsung dengan masyarakat di desa binaannya.

Aiptu Bagus Heri, seorang Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo, Kecamatan Pogalan saat sambang desa merasa lebih nyaman dengan klesotan (duduk di lantai tanpa tikar, red) bersama warga. Menurutnya, warga justru merasa lebih dihargai karena memposisikan diri sama seperti mereka.

“Lebih gayeng kalau ngobrol seperti itu. Masyarakat juga lebih lepas menyampaikan informasi”, ujar Heri.

Sama halnya yang dilakukan Aipda Abdul Muntholib. Bhabinkamtimas Desa Dermosari, Kecamatan Tugu ini diketahui sedang asyik ngobrol dengan warganya di sebuah emperan toko.

Obrolan santai Aipda Abdul Muntholib dengan warganya
Obrolan santai Aipda Abdul Muntholib dengan warganya

“Biar tidak ada sekat antara masyarakat dan polisi”, tandasnya.

Demikian pula yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari, Bripka Mashari seolah nyaman menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas di sebuah warung.

Bripka Mashari yang begitu dekat dengan warganya
Bripka Mashari yang begitu dekat dengan warganya

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek, AKP Suyono, SH. M.Hum menuturkan, bahwa setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri dalam berkomunikasi dengan masyarakat dan karakternya pun juga berbeda-beda.

“Yang terpenting interaksi harus berjalan dua arah sehingga Bhabinkamtibmas benar-benar bisa menjalankan fungsinya sebagai inisiator, dinamisator dan stabilisator Kamtibmas di wilayahnya”, tandas Suyono.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password