Polri Lakukan Gakkum terhadap Buzzer yang Terbukti Sebar Hoax dan Ujaran Kebencian

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Karo Penmas Divhummas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan bahwa Polri telah melakukan penindakan terhadap buzzer-buzzer yang terbukti sebar hoax dan ujaran kebencian di media sosial. Hal tersebut disampaikan untuk menanggapi pernyataan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang menilai buzzer perlu ditertibkan, Jumat (04/09/19).

“Saat ini untuk kreator dan buzzer-buzzer, apabila fakta hukumnya ada perbuatan melawan hukum kan sesuai dengan alat bukti dan rumusan delic-nya kan sudah dilaksanakan gakkum (penegak hukum), meskipun hukum adalah ultimum remedium,” ungkap Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, Jumat (3/10/19)

Karo Penmas menuturkan bahwa Polri juga sudah melakukan upaya pencegahan. Salah satu pencegahan yang dilakukan yakni menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam memblokir akun-akun media sosial yang diduga menyebarkan hoax.

“Untuk langkah-langkah mitigasi juga secara linier sudah dilakukan dari literasi-literasi digital sampai dengan kerja sama dengan Kemkominfo memblokir akun-akun buzzer yang terbukti menyebarkan hoax dan narasi-narasi hate speech” jelas mantan Wakapolda Kalteng tersebut.

Sebelumnya, Moeldoko menilai para buzzer di media sosial perlu ditertibkan.

“Saya pikir memang perlu (ditertibkan). Kan ini kan yang mainnya dulu relawan, sekarang juga pendukung fanatik,” ungkap Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/19).

Menurut Kepala Staf Kepresidenan, para buzzer cenderung tak ingin sosok yang diidolakannya diserang. Namun, bila itu terjadi, disebut Moeldoko, para buzzer tersebut pasti bereaksi.

“Contohnya begini bukan saya maksudnya para buzzer itu tidak ingin idolanya diserang, idolanya disakitin. Akhirnya masing-masing bereaksi. Ini memang persoalan kita semua,” jelas Moeldoko.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password