Wakapolda Papua Tinjau Korban Kerusuhan Wamena di Posko Pengungsian IKT Gedung Tongkonan Furia Kotaraja

Tribratanews.polri.go.id. – Wamena. Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Yakobus Marjuki beserta Pejabat Utama Polda Papua dan rombongan tinjau langsung kondisi korban kerusuhan Wamena di Posko Pengungsian Ikt Gedung Tongkonan Furia Kotaraja Distrik Abepura, Kamis (03/10).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Ricko Taruna Mauruh, S.I.K., Dir Korps Sabhara Polda Papua Kombel Pol. Yan Frits Kaiway, Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. Drg. Agustinus Mulyanto Hardi, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H., Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.I.K., S.H., Ketua Ikt Provinsi Papua, Ir. Elias Paonganan, Sekertaris Umum Ikt Provinsi Papua Yulius Palulungan, Ketua Ikt Kota Jayapura Nobertus Banga, S.Sos, Kasat Binmas Polres Jayapura Kota Akp. Pieterb Kendek,  S.Sos., M.M., Kasat Reskrim Polres Jayapura Kota AKP Sugeng Ade Wijaya, S.I.K., Kasat Intelkam Polres Jayapura Kota Iptu Beddu Rachman.

Sekertaris Umum IKT Provinsi Papua Yulius Palulungan, menyampaikan bahwa, kemarin ada keberangkatan melalui hercules dengan jumlah warga sekitar 30 orang namun tiba di Makassar cuma 7 orang, karena kurang nya komunikasi pihak Makassar, sehingga membuat pendataan jadi terhambat dan salah perhitungan.

 

Selanjutnya, Penyampaian Ketua IKT Kota Jayapura Nobertus  Banga, S.Sos, menyampaikan, kami juga meminta agar bapak meninggalkan mobil dapur lapangan sekiranya selama 1 minggu karena kami juga terhambat di masalah dapur, dimana kami hanya memiliki satu dapur dan beberapa pekerja yang terus dikejar waktu untuk menyiapkan makanan dari pagi hingga malam dan menyiapkan lagi untuk persiapan pagi.

 

Kapolres Jayapura Kota AKBP. Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., pada kesempatannya menyampaikan  bahwa, mobil ini memang akan kami tinggal untuk memudahkan aktifitas memasak ibu – ibu dan akan di siapkam 3 personil dari Brimob yang akan membantu memasak serta diajarkan bagaimana mengoprasikan alat – alat tersebut.

 

Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Yakobus Marzuki pada kesempatannya mengatakan, dampak yang cukup luar biasa dari kejadian di Kota wamena, pelayanan pemerintah sudah berjalan layanan fungsi memang ada sekitar 8 ribu Pengungsi di Wamena mulai turun di sini tadi saya informasi dapat sekitar 400-an yang dewasa. Kapolda memberikan bantuan berupa sembako dan Kapolres juga memberikan bantuan makanan, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, ada kebijakan untuk yang rumahnya tidak terbakar di sana sudah mulai pulang ke rumah di Wamena karena keamanan sudah menjamin bersama Bupati.

 

Situasi aman ini yang kita harapkan untuk bisa kembali normal, bagi yang rumahnya terbakar akan dilakukan koordinasi bersama pemerintah supaya nanti ada bantuan-bantuan mana Kalau nanti ada bantuan juga langsung diterima kan kepada yang memang betul-betul yang rumahnya terbakar. Ini sentuhan-sentuhan Pemerintah sudah berjalan saya berharap yang trauma ini sudah mulai dilakukan trauma healing sehingga bisa kembali normal.

 

“Ini yang dilakukan oleh pemerintah jadi kita bersabar mudah-mudahan bisa cepat selesai dan ini langkah Kapolda, saya selaku Wakapolda tadi diperintah oleh Pak Kapolda untuk menyerahkan bantuan secara langsung kesini karena Pak Kapolda sedang berada di Rindam Sentani untuk menyerahkan bantuan. Informasi dari Panglima TNI bahwa akan menyediakan 1 Unit Kapal yang berfasilitas medis sehingga hal ini merupakan wujud pelayanan kesehatan yang di berikan oleh panglima TNI bagi warga warga pengungsi,” ucap Wakapolda Papua.

 

Ketua IKT Provinsi Papua Ir Elias Paonganan menyampaikan, Terima kasih yang sebesar-besarnya atas empati dan Simpati dari pada Polda Papua yang tak henti – hentinya menopang mendukung kami di tempat ini.  Kami ingin menyampaikan bahwa yang meninggal sudah dikirim oleh pihak Pemerintah kabupaten ke Tanah Toraja berjumlah 3 orang, kami sampaikan terima kasih kemudian yang masih ada di rumah sakit juga sementara dokter sedang melakukan pengobatannya.

 

Artinya di bawah ini semua kami sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Wakapolda Papua dan Kapolres Kota Jayapura Kiranya Tuhan senantiasa menolongmu memberkati dalam tugas dan tanggung jawab bagi Bapak Ibu sekalian dan tidak terlepas dari yang ada di tempat ini.

 

Pemberian bantuan secara simbolis oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Yakobus Marjuki yang diterima oleh Ketua IKT Provinsi Papua Ir Elias Paonganan serta Pemberian bantuan secara simbolis oleh Kapolres Jayapura Kota AKBP. Gustav r. Urbinas, S.I.K., S.H., yang diterima oleh  Ketua IKT Kota Jayapura Nobertus  Banga, S.Sos.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password