TNI dan Polri Bentuk Tiga Ring dalam Pengamanan di Gedung DPR

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Personel gabungan dari TNI dan Polri diterjunkan untuk melakukan pengamanan di sekitar objek vital yang ada di Jakarta. Selain di tempat pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD, objek vital yang diamankan adalah Istana Negara dan sentra perekonomian.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan aparat gabungan dari TNI dan Polri yang dikerahkan untuk menjamin keamanan selama jalannya pelantikan anggota dewan berjumlah puluhan ribu.

“Rinciannya, sekitar 16.400 personel berasal dari anggota Polri dan TNI ada sekitar 7.800 personel,” jelas Jenderal bintang satu (01/10/19).

Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan pola pengamanan untuk menjaga objek vital seperti gedung DPR/MPR dilakukan dengan cara tiga ring. Tak hanya itu, di sekitar jalan raya juga telah dikerahkan pasukan lalu lintas, shabara, gaktur, dan patroli.

“Ada tiga ring. Ring satu di dalam tempat kegiatan pelantikan anggota dewan. Ring dua di Gedung DPR, dan ring tiga di halaman parkir,” tutur mantan Wakapolda Kalteng.

Seperti diketahui, hari ini, Selasa (01/10/19) diselenggarakan pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD terpilih untuk periode 2019-2024. Pelantikan yang dilakukan di Gedung DPR/MPR itu sedianya akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Selain pelantikan, gelaran acara juga diisi dengan agenda Badan Musyawarah (Bamus) oleh seluruh fraksi.

Ada sebanyak 575 anggota dewan yang akan dilantik hari ini. Para anggota dewan terpilih itu diminta hadir lebih awal.
Mengingat, situasi keamanan pada sepekan terakhir di sekitar Gedung DPR/MPR, di mana masih kerap terdapat aksi demonstrasi mahasiswa yang menolak revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan RUU KUHP.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jelang pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD baru, sekitar pukul 07.45 WIB ada tiga unit kendaraan taktis dan sekitar delapan bus serta dua mobil patroli milik anggota Brimob Polri tiba di depan gedung DPR/MPR RI Jalan Gatot Subroto.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password