Polda Metro Jaya Tetapkan 36 Tersangka Demo Ricuh di Gedung DPR

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Polda Metro Jaya menetapkan 36 orang tersangka dalam aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh pada tanggal 24 dan 25 September lalu, di sekitar Gedung DPR. 36 orang yang ditetapkan sebagai tersangka terdiri dari 12 pelajar dan 24 mahasiswa.

Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya, aparat kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 105 mahasiswa. Rinciannya adalah 24 orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Sedangkan 81 orang lainnya telah dipulangkan.

Keesokan harinya, personil Polda Metro Jaya turut mengamankan 15 pelajar SMP dan SMA.12 orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka. Namun, tiga orang lainnya dikembalikan ke orang tua masing-masing.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol. Suyudi Ario Seto menjelaskan 24 mahasiswa dan 12 pelajar yang telah ditetapkan sebagai tersangka melakukan penyerangan dan pengerusakan terhadap fasilitas umum.

“Macam-macam (alasan ditetapkan sebagai tersangka), seperti menyerang petugas, pengerusakan secara bersama-sama dan bahkan ada yang melakukan pembakaran,” jelas Perwira menengah Polda Metro Jaya, Jumat (27/09/19).

Kombes Pol. Suyudi Ario Seto mengatakan Sampai saat ini para tersangka itu masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Metro Jaya. Sementara, para pelajar yang masih berusia di bawah 18 tahun telah dititipkan di Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani, Jakarta.

“Ditahannya dengan dititipkan ke balai aman Handayani setelah melalui proses diversi dengan didampingi pihak Bapas,” terang Direskrimum Polda Metro Jaya.

Para tersangka dikenakan Pasal 170, 212, 214, 406, 187 KUHP. Seperti diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa dilakukan oleh aliansi mahasiswa, pelajar, dan masyarakat sipil pada tanggal 24-25 September. Aksi unjuk rasa itu berakhir ricuh antara massa pendemo dengan aparat keamanan di sekitar Kompleks Parlemen Senayan.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password