Polisi Tangani Kasus Pengrusakan Yang Berujung Pada Pembakaran Kios di Kabupaten Pegunungan Bintang

Tribratanews.polri.go.id. – Peg. Bintang. Aksi pengrusakan yang berujung pada pembakaran sejumlah kios yang dilakukan oleh sekelompok pemuda berjumlah sekitar 7 orang dalam kondisi dipengaruhi miras (mabuk) di Jalan Balusu Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Kamis (26/09/2019).

Kejadian bermula sekitar pukul 15.00 WIT, sekelompok pemuda berjumlah sekitar 7 orang melakukan pesta miras di Pasar Mabilabol Distrik Oksibil, selanjutnya melakukan pengrusakan meja dan jualan pinang yang ada di Pasar Mabilabol.

 

Setelah memperoleh informasi tentang adanya pengrusakan barang dagangan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda tersebut, patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Ipda Budi Wahyono mendatangi TKP pengrusakan Pasar Mabilabol dan mengamankan salah satu pemuda an. Y ke Polres Pegunungan Bintang, akan tetapi para pemuda lainnya tidak terima, selanjutnya mengejar mobil patroli sembari berkata “Kembalikan teman kami, kami akan kacau”.

 

Satu orang pemuda lainnya an. B yang dalam keadaan mabuk kemudian meminta agar Y dipulangkan serta menginformasikan bahwa para pemuda lainnya telah melakukan pengrusakan Pasar Mabilabol. Kabag Ren Polres Pegunungan Bintang, AKP M. Amir lalu menyetujui permintaan B untuk memulangkan Y dengan diantar oleh anggota Satpol PP an. Januarius Dilam, selanjutnya memberikan arahan agar tidak melakukan pengrusakan lagi.

 

Namun, pada pukul 16.30 WIT, terjadi pengrusakan dan pembakaran kios yang merembet ke tempat usaha lainnya yang berada di sepanjang Jl. Balusu yang dilakukan oleh sekelompok pemuda.

 

Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan, S.I.K., kemudian memimpin anggotanya mendatangi TKP selanjutnya melakukan pengamanan dan membantu mengevakuasi orang dan barang Ke Mapolres Pegunungan Bintang, Kantor Koramil Oksibil dan tempat ibadah. Api akhirnya dapat dipadamkan pada pukul 20.20 WIT, namun kerugian akibat kejadian tersebut sebanyak 150 kios terbakar.

 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H., mengatakan, kasus pembakaran tersebut sudah ditangani oleh Polres Pegunungan Bintang. Untuk semua pihak agar mempercayakan penanganan kasus dimaksud.

 

“Kepada seluruh masyarakat, mari bersama-sama menjaga situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang agar tetap aman dan kondusif,” imbau Kabid Humas Polda Papua.

 

(fa/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password