Polda Papua Ungkap Sebanyak 7 Orang Pelaku Perusakan dan Pembakaran Ratusan Kios Di Oksibil

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Polda Papua berhasil mengungkap perusakan dan pembakaran ratusan kios yang terjadi di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Perusakan dan pembakaran tersebut dilakukan oleh 7 orang dalam kondisi yang dipengaruhi miras.

“Perusakan yang berujung pembakaran sejumlah kios dilakukan sekelompok pemuda berjumlah 7 orang dalam kondisi dipengaruhi miras,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, Kamis (26/09/19).

Kabid Humas Polda Papua menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi saat salah seorang pemuda mabuk asal pegunungan bernama Yusmen diamankan pihak Polres Pegunungan Bintang saat patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin Ipda Budi Wahyono.
“Penahanan sementara kepada bersangkutan Yusmen pemuda asal pegunungan itulah pemicunya. Saat itu, sekelompok pemuda mabuk dan ribut-ribut. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman. Namun para pemuda lainnya tidak terima selanjutnya mengejar mobil patroli sembari berkata, “kembalikan teman kami, kami akan kacau”,” terang Kabid Humas Polda Papua.

Selang beberapa saat kemudian, salah satu pemuda bernama Bondo pada pukul 15.25 WIT, dalam keadaan mabuk meminta agar Yusmen dipulangkan dan menginformasikan para pemuda lainnya telah melakukan perusakan Pasar Mabilabol.

“Sekitar Pukul 15.45 WIT, Kabag Ren, AKP M. Amir, menyetujui permintaan Bondo untuk memulangkan Yusmen, selanjutnya memberikan arahan agar tidak melakukan perusakan lagi, selanjutnya Yusmen diantar pulang oleh anggota Satpol PP, Januarius Dilam,” terang Kabid Humas Polda Papua.

“Namun nahas, perusakan dan pembakaran kios telah terjadi dan merembet ke tempat usaha lainnya yang berada di sepanjang Jalan Balusu yang dilakukan oleh sekelompok pemuda itu,” jelas Kabid Humas.

Melihat kobaran api, aparat kepolisian di bawah kendali Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan, S.IK., langsung menggelar apel pasukan dan mendatangi lokasi kejadian perusakan.

Selanjutnya melakukan pengamanan dan membantu mengevakuasi sejumlah warga, serta mengangkut beberapa barang yang bisa diselamatkan dari dalam rumah dan kios untuk dibawa ke Mapolres Pegunungan Bintang, Kantor Koramil Oksibil, dan tempat ibadah.

“Api dapat dipadamkan pada pukul 20.20 WIT. Dan hingga sekarang, aparat keamanan TNI/Polri masih berjaga,” terang Kabid Humas.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password