Polri Terapkan Sistem Tilang Elektronik di Jalur Busway

Tribratanews.plri.go.id – Jakarta. Saat ini penerapan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik sudah diterapkan di jalur busway. Penerapan tersebut bertujuan untuk mengurai penggunaan jalur busway bagi kendaraan pribadi roda empat dan roda dua.

Sudah ada dua kamera tilang elektronik yang telah dipasang di dua titik jalur busway. Kamera tilang elektronik tersebut terletak di koridor Pasar Minggu dan Mampang.

“Kita sudah menempatkan dua kamera, yakni di jalan koridor mulai dari Pasar Minggu sampai ke arah Mampang,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir, Selasa (24/09/19).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa dua titik tersebut mulai dipasang kamera tilang elektronik lantaran banyak kendaraan yang melintas di jalur tersebut. Kemacetan kerap terjadi di pagi hari karena banyaknya kendaraan roda dua yang melintas.

“Jadi terutama kalau pagi macet. Apalagi di Jalan Mampang macet dari Traffic Light (TL) 1 ke TL lain nyambung semua itu. Pelanggarannya di situ,” jelas AKBP M. Nasir.

Tetapi, penerapan sistem e-TLE di jalur busway baru diterapkan pada awal Oktober 2019. Semua kendaraan bermotor yang melintas akan terekam oleh kamera tilang elektronik.

“Semua kendaraan di luar dari TransJakarta di dalam jalur Busway akan dikenakan tindakan tilang elektronik,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password