Karo Penmas: KNPB Menyusup di Kerusuhan Wamena

Tribaratanews.polri.go.id-Jakarta. Polri menyebutkan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) diduga dalang dibalik kerusuhan di Wamena, Jayawijaya dan Waena, Jayapura, Papua.

Hasil dari intelijen Kepolisian bahwa, aliansi mahasiswa eksodus dari Mahasiswa Papua (AMP) dimanfaatkan KNPB dengan KNPB mengenakan seragam SMA dan ikut berdemo di tengah kerumunan pelajar SMA PGRI. Untuk melakukan penyerang terhadap aparat TNI-Polri di Jayapura.

 

“KNPB melakukan penyusupan dengan menggunakan seragam SMA, memprovokasi massa dengan tindakan anarkis membakar ruko dan kantor pemerintahan,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.,, Selasa (24/9).

 

Selain itu, kericuhan yang terjadi di Papua itu disebabkan karena berita hoax yang beredar. Sehingga mahasiswa ini terhasut dan termakan isu tersebut.

 

Karo Penmas juga menambahkan sebanyak 733 mahasiswa eksodus saat ini menjalani pemeriksaan di Polda Papua. Mereka diduga turut melakukan tindakan anarkis seperti penyerangan, pembakaran dan perusakan.

 

“Semuanya dalam proses pemeriksaan. Ada 733 orang, semua mahasiswa eksodus yang diperiksa, yang terlibat langsung dalam kerusuhan,” jelas Mantan Wakapolda Kalteng ini.

(ds/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password