Polda Sumsel Tetapkan 27 Tersangka Kebakaran Hutan dan Lahan

Tribratanews.polri.go.id – Palembang. Polisi menetapkan 27 orang tersangka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan karena membuka lahan dengan cara membakar.

Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan, dari 27 orang itu, satu berasal dari korporasi. Dia adalah Direktur Operasional PT Hutan Bumi Lestari (HBL), Alfaro Khadafi (37). “Sampai saat ini ada 20 kasus yang kami tangani, total jumlah tersangka 27. Untuk kasus perorangan ada 27 orang dan satu korporasi,” jelasnya di Mapolda Sumsel, Senin (23/9/19).

Wakapolda juga mengatakan, dengan jumlah tersangka tersebut, tercatat ada 1.784 hektare lahan terbakar. Dari jumlah itu, 1.745 hektare di kawasan konsesi perusahaan PT HBL di Muara Medak, Bayung Lincir. “Untuk lahan terbakar PT HBL ini seluas 1.745 hektare. Kalau penanggung jawab dari korporasi itu sudah diamankan, dia menjabat direktur operasional,” jelasnya.

Brigjen Pol Rudi Setiawan juga mengatakan kasus ini ditangani Direktorat Reskrimsus Polda Sumsel. Dalam waktu dekat, berkas 26 tersangka akan dilimpahkan ke kejaksaan, kecuali untuk yang korporasi.

Khusus untuk PT HBL, Alfaro ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap lalai. Akibatnya, ribuan hektare lahan di sekitar dan area konsesi perusahaan terbakar. “Kita tetapkan tersangka dan kasusnya diselidiki karena dianggap lalai sesuai dari keterangan ahli. Mereka sangat kurang memperhatikan upaya pencegahan dan hanya ada enam orang pekerja menjaga 2.800 hektare lahan milik PT HBL,” jelas Jenderal Bintang Satu tersebut.

Korporasi tersebut dinilai lalai karena tak menjaga lahan konsesinya. Apalagi luas lahan terbakar itu adalah kawasan, tetapi saat dicek sudah beralih menjadi kebun kelapa sawit. “Izinnya itu juga tidak sesuai, seharusnya lahan ditanami tanaman keras, tapi jadi tanam sawit. Ini juga sedang kami dalami lagi,” jelas Wakapolda.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password