Kapolda Kalsel : Ada 18 Perusahan yang Terlibat Karhutla

Tribratanews.polri.go.id- Banjarmasin. Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa pekan ini, telah menghanguskan sedikitnya 4.500 hektare hutan dan lahan di Kalimantan Selatan. Polda Kalsel mengidentifikasi adanya keterlibatan 18 perusahaan  dalam peristiwa kebakaran hutan danlahan (karhutla) di wilayah tersebut.

Dari data yang dimiliki Satgas Penegakan Hukum Polda Kalsel, ada 18 perusahaan yang tengah diselidiki terkait karhutla di sejumlah daerah antara lain Kabupaten Tapin, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si menegaskan pihaknya akan menindak tegas para pelaku pembakararan hutan dan lahan, Minggu (22/9).

“Ada ratusan kasus karhutla tengah kita selidiki beberapa pelaku sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan ada 18 kasus karhutla diduga melibatkan korporasi. Ini akan kita tindak tegas,”  terang Kapolda.

Adanya dugaan keterlibatan belasan perusahaan termasuk perkebunan tersebut, sejauh ini Satgas Penegakan Hukum Polda Kalsel menangani 290 kasus karhutla dengan luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 2.179 hektare lebih.

Sementara ini, dari kejadian tersebut lima orang pelaku pembakaran sudah ditetapkan sebagai tersangka.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password