Mabes Polri Telusuri Akun Medsos Penyebar Hoax Rasis Penyebab Demo di Wamena Rusuh

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Demo berujung rusuh di Wamena, Polri menjelaskan bahwa kerusuhan tersebut dipicu hoax oleh yang bernada rasis. Hoax disebut disebar oleh akun-akun media sosial (medsos) yang kini ditelusuri polisi.

“Yang mereka kembangkan isu yang sensitif di sana tantang rasis. Penyebarnya, akun-akun medsosnya yang menyebarkan sedang didalami juga oleh Direktorat Siber Bareskrim. Info yang saya dapat itu,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Jenderal Bintang Satu itu menjelaskan belum bisa menyampaikan perkembangan situasi secara utuh. Sebab, polisi di lapangan masih terus bernegosiasi dengan massa agar kerusuhan tidak meluas.

“Kapolres belum bisa dihubungi karena masih terus negosiasi dengan massa agar kejadian tersebut tidak meluas. Aparat fokus meredam kejadian di sana,” jelas Karo Penmas.

Ia juga menjelaskan bahwa sejumlah fasilitas publik dirusak dan dibakar massa dalam kerusuhan itu. Polisi hingga kini masih mendata dampak kerusuhan.

“Ada beberapa fasilitas publik yang memang dirusak dan dibakar, yang sudah bisa diklarifikasi itu ruko-ruko. Untuk kantor pemerintahan ada juga yang diserang tapi belum terklarifikasi itu milik siapa yang rusak,” pungkas Mantan Wakapolda Kalteng itu.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password