Luncurkan Smart SIM, Wakapolri Apresiasi Jajaran Korlantas Polri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memberikan apresiasi kepada jajaran Korlantas Polri yang telah meluncurkan Smart SIM dan juga layanan SIM online pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/19).

Wakapolri menyampaikan bahwa “Saya ucapkan selamat kepada jajaran Korlantas Polri di hari jadinya, dengan berbagai macam inovasi dan kreativitasnya untuk memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat pengguna jalan dan semua masyarakat yang terlibat dalam kegiatan berlalu lintas,” kata Ari seusai menghadiri peluncuran.

Komjen Pol Ari Dono menilai, hal ini salah satu inovasi dari Korlantas Polri yang memudahkan masyarakat dalam permohonan dan perpanjangan SIM. Wakapolri berpesan kepada masyarakat agar semakin disiplin dalam mengemudi dan menghargai pengguna jalan lainnya. Sebab, Smart SIM memuat rekam jejak perilaku pengemudi, seperti pelanggaran lalu lintas.

Wakapolri berharap budaya tertib berlalu lintas dapat segera terwujud. “Tentunya saya berharap terus berupaya meningkatkan pelayanan lebih baik, agar masyarakat kita bisa menjadi lebih nyaman berlalu lintas,” jelasnya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, ada dua keunggulan utama dalam Smart SIM. Smart SIM dapat mencatat perilaku pengemudi. Ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas, hal itu tercatat pada kartu chip dan server Korlantas. Kemudian, salah satu data lain yang akan termuat dalam Smart SIM adalah data rekam jejak kecelakaan yang dialami si pemilik.

Irjen Pol Refdi Andri juga mengatakan, SIM pada dasarnya merupakan bentuk legitimasi pengemudi. Dengan demikian, rekam jejak pengemudi yang terekam dalam chip Smart SIM akan menjadi bahan evaluasi. “Justru itu pencatatan pelanggaran lalu lintas yang ada pada SIM jadi penting untuk dijadikan bahan evaluasi guna keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Demikian juga semua data yang tersimpan dalam chip itu data tidak terbantahkan, semua dilakukan sangat rigid,” jelasnya.

Selain itu, Smart SIM juga bisa berfungsi sebagai uang elektronik untuk melakukan transaksi pembayaran, seperti belanja, bayar tol, dan parkir. Smart SIM juga menyajikan fitur augmented reality yang bisa digunakan pengguna untuk mengakses layanan edukasi keselamatan berlalu lintas.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password