Luncurkan Program e-TLE, Dirlantas Polda Metro Jaya Dapat Penghargaan Pin Emas dari Kapolri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Korlantas Polri melalui surat keputusan Kapolri memberikan penghargaan berupa pin emas kepada anggota Kepolisian Republik Indonesia yang berprestasi dalam melaksanakan tugas Kepolisian dan turut mendukung tugas Polri.

Salah satunya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, yang meraih pin emas dari Kapolri Jenderal Pol Drs. M. Tito Karnavian atas kesuksesannya meluncurkan elektronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) di bidang penegakan hukum dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI).

Hal ini dikarenakan sistem E-TLE menjadi Role Model dan pilot Project pertama di Indonesia yang digagas langsung oleh Kombes Pol Yusuf.

Penghargaan pin emas diserahkan langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri kepada Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf yang berlangsung di lapangan Basket, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat Minggu (22/9/19).

Kombes Pol Yusuf menjelaskan, ETLE merupakan program strategis guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya dengan menggunakan edukasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas. “Alhamdulillah, mendapatkan apresiasi dari Bapak Kapolri. Suksesnya e-TLE bukan hanya karena saya sendiri di situ ada banyak pihak yang terlibat baik dari jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya maupun para stakeholder,” jelasnya di Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Dirlantas Polda Metro Jaya juga menambahkan, kedepannya e-TLE akan dikembangkan di jalur khusus Bus way dan tol. “Terus berinovasi, dalam waktu dekat pihak Trans Jakarta dan Jasa Marga akan bekerja bareng kita lebih intim lagi soal penegakan hukum lalu lintas, fenomena macet di jalur bus way dan tingginya angka kecelakaan membuat kita membuka mata lebar-lebar hingga berkaloborasi dengan kedua pihak tersebut,” jelasnya.

Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri mengatakan, ETLE merupakan program strategis guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya dengan menggunakan edukasi kepada masyarakat.”Hal ini sejalan dengan program Bapak Kapolri yaitu semangat Promoter Polri untuk mengoptimalkan lalu lintas berbasis IT guna mendukung Road Safety,’ jelasnya.

ETLE menjadi terobosan kreatif untuk memberikan kemudahan pelayanan berlalu lintas bidang penegakan hukum dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas. “Kami akan terus mengembangkan ETLE denga inovasi lainnya,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Bahkan, dalam waktu dekat ini akan ada uji coba untuk pemasangan ETLE di jalur bus Transjarta. Untuk koridornya masih dalam tahap survey lokasi mana yang memang banyak pelanggarannya. “Rencana pelaksanaan uji coba akan memakai dua kamera dulu. Kalau memang efektif baru akan dipasang diseluruh koridor,” tutupnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password