Kamera Tilang Elektronik Dipasang di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk memasang kamera electronic traffic law enforement (E-TLE) atau tilang elektronik. Kamera-kamrea tersebut akan dipasang diruas jalan tol dalam kota.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Made Agus menyebut ada beberapa jenis pelanggaran yang akan tertangkap kamera E-TLE.

“Jenis-jenis pelanggarannya yaitu pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan HP saat menyetir, over dimensi dan overload,” ungkap AKBP Made Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (21/9/19).

Untuk penertitapan ganjil-genap itu, ia menyebut di ruas jalan tol belum ada kebijakan ganjil genap.

“Di tol kan tidak ada ganjil genap,” pugkas AKBP Agus.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir mengatakan, rencana tersebut akan berlangsung pada bulan Oktober 2019.

“Rencana E-TLE di ruas tol dilaunching bulan Oktober,” jelas AKBP M. Nasir, Jumat (20/9/19).

Seperti diketahui, pihak Polda Metro Jaya bersama Jasa Marga bekerja sama untuk menindak para pengendara yang melanggar di jalan tol menggunakan kamera E-TLE. Rencananya, kamera itu akan berfungsi di tol dalam kota pada Oktober 2019 mendatang.

“Rencana E-TLE di ruas tol di-launching bulan Oktober,” ungkap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Nasir, Jumat (20/9).

Seluruh kendaraan yang melanggar akan ditindak polisi. Termasuk kendaraan dengan pelat nomor kendaraan dari luar DKI Jakarta tetap akan ditindak.

“(Pelat nomor selain pelat Jakarta ditindak) oh iya, semua pelanggaran akan ditilang. Nanti apabila alamatnya tidak di Jakarta nanti akan kita koordinasi dengan Polda-Polda yang ada di wilayah tersebut. Tapi integrasi dasarnya nanti akan dikembangkan,” ungkap Nasir.

Kamera E-TLE sendiri sudah lebih dulu terpasang di 12 titik di sepanjang Sudirman-Thamrin. Kamera ini mampu menganalisis berbagai pelanggaran, seperti tidak mengenakan seat belt, memakai ponsel saat berkendara, melanggar ganjil-genap, melanggar marka jalan, dan melanggar lampu lalu lintas. Selain itu, tilang elektronik akan diberlakukan di koridor busway mulai bulan depan.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password