Polri Telah Selesai Lakukan Investigasi Penyebab Blackout yang Terjadi di Wilayah Jabodetabek

 

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya bersama PT PLN telah selesai melakukan investigasi perihal gangguan listrik (blackout) yang terjadi di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, Minggu (4/8) silam.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan hasil tersebut akan segera diumumkan oleh pihaknya. Namun ia tak merinci kapan pengumuman itu dilakukan.

“Sudah selesai (investigasi). Tinggal nunggu, nanti diumumkan,” jelas Karo Penmas Polri di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

Sekedar informasi, tim investigasi Bareskrim-PLN sedianya akan mengungkap diagnosa awal terkait penyebab gangguan listrik pada Jumat (16/8). Namun hingga Selasa (17/9), kepolisian masih belum mengumumkan hasil penyelidikan kasus tersebut.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tim Kriminal Khusus dari Polda Jawa Tengah telah melakukan pengecekan TKP di Tower Transmisi di Desa Malom, Gunung Pati, Kabupaten Semarang.

“Kerusakan diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas Right Of Way (ROW), sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik,” jelas Mantan Wakapolda Kalteng, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Sementara itu Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan bahwa pemadaman listrik tersebut terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Untuk Wilayah Jawa Barat menurutnya terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV, yang mengakibatkan padamnya sejumlah wilayah diantaranya, Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

 

(bb/sw/hy)

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password