Polda Kalteng Bersama Ahli Dari IPB Lakukan Pengambilan Sampel Lahan Terbakar di PT. PGK

Tribratanews.polri.go.id -Palangka Raya. Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kini sudah masuk zona yang berbahaya atau darurat. Dimana udara yang dihasilkan dari pembakaran menjadi tidak sehat bagi keberlangsungan hidup bagi masyarakat.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum melalui Irwasda Polda Kalten, Kombes Pol. Benone Jesaja Louhenapessy mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan pembakaran hutan dan lahan oleh korporasi.

Untuk kepentingan penyelidikan tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) bagian Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) telah melakukan olah TKP di areal lahan milik PT Palmindo Gemilang Kencana (PGK) yang berada di wilayah Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Kamis (19/9) Siang.

Pengambilan sampel ini dilakukan bersama Tim ahli kebakaran hutan dan lahan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Bambang Heru Saharjo, M.Agr, dan Ahli kerusakan lingkungan hidup IPB Dr. Ir. Basuki Wasis, M.Si,.

Irwasda Polda Kalteng menjelaskan, bahwa kebakaran lahan seluas 202 hektar ini masih dalam proses penyelidikan oleh Polda Kalteng.

“Kami akan menindaktegas dan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku kepada siapa saja yang terbukti melakukan pembakaran lahan, baik itu perorangan maupun korporasi atau perusahaan,” tegas Irwasda.

Turut hadir pulaWadirkrimsus AKBP Teguh dan Kasubdit Tipiter AKBP Manang Subekti, S.I.K., M.Si. dan beberapa anggota gabungan TNI-Polri.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password