Kapolda Kalteng Ajak Segenap Komponen Bangsa Bahu Membahu Memedamkan Karhutla

Tribratanews.polri.go.id – Palangkaraya. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) ternyata bukan diakibatkan oleh faktor alam.

Kapolda Kalteng, Irjen. Pol. Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum., menegaskan kebakaran yangterjadi tersebut disebabkan oleh manusia.

“Ketika mereka telah membakar hutan dan lahan, maka terjadilah bara api yang meluas dan akan sulit untuk dipadamkan. Harus menunggu turun hujan deras,” jelas Kapolda saat melaksanakan kunjungannya ke Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (20/09/19).

Jenderal bintang dua tersebut menjelaskan bahwa dampak dari kebakaran hutan dan lahan tersebut sudah sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang berada di wilayah Kalteng.

“Lalu sekarang apa yang kita lakukan. Kita segenap komponen bangsa yang ada di sini harus bahu membahu memadamkan Karhutla. Karena memadamkan karhutla bukan hanya tugas Polri tapi semua harus ikut terlibat,” terang Kapolda Kalteng.

Kapolda mengimbau masyarakat untuk menghentikan upaya-upaya pembakaran lahan.

“Pikirkan lingkungan kesehatan kita, keluarga, anak cucu kita, dan juga hewan-hewan kita,” pinta Kapolda.

Kapolda memastikan polisi akan bertindak proporsinal dalam upaya pemadaman. Termasuk profesional dalam penindakan pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Tindakan kepada perorangan bukan melihat apa tujuannya, tapi kita melihat dampaknya,” tegas kapolda.

Untuk diketahui, peningkatan status Karhutla telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalteng. Per 18 September kemarin, status karhutla naik menjadi tanggap darurat. Status itu guna mempermudah penanggulangan karhutla dan memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada warga.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password