Polda Sulbar Bentuk Satgas untuk Penanganan Karhutla

Tribratanews.polri.go.id – Mamuju. Menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., terkait penanganan permasalahan kebakaran hutan dan lahan, Polda Sulawesi Barat membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Karhutla.

 

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Baharuddin Djafar, M.Si., berharap Satgas Penanggulangan Karhutla ini mampu meminimalisir ancaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sulbar.

 

“Ini semua sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan, TNI, Polri, beserta BPBD serta elemen masyarakat lainnya akan bersama-sama melakukan kesiapsiagaan untuk melakukan pencegahan Karhutla di wilayah Sulbar,” terang Kapolda Sulbar, Selasa (17/09/19).

 

Satgas tersebut terdiri dari gabungan TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kehutanan Kabupaten Mamuju, serta Armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Mamuju.

Kapolda Sulbar mengatakan kebakaran hutan dan lahan saat ini menjadi atensi khusus mengingat sedang marak terjadi di sejumlah wilayah. Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim kemarau tahun ini lebih panas dan panjang.

 

“Kebakaran saat ini memang terkadang menjadi fenomena yang tidak ada habisnya, namun yang harus disadari bahwa sesuatu tidak akan terbakar tanpa ada pemicu dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Ditambah lagi suhu musin kemarau kali ini ini lebih panas dari kemarau sebelumnya, berdasarkan prediksi dari BMKG memungkinkan kebakaran hutan dan lahan akan meningkat,” tutup Kpolda.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password