Kapolda Kalsel Perintahkan Buat Saluran Air Ke Lokasi Kebakaran Lahan

Tribratanews.polri.go.id-Banjarmasin. Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Pol. Drs. Yazid Fanani, M.Si., melaksanakan pengecekan pembuatan aliran air untuk penanggulangan Karhutla bertempat di Irigasi Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Senin (16/9).

Turut mendampingi Kapolda dalam kegiatan tersebut yaitu Irwasda Polda Kalsel, Kepala Dinas Kehutanan Provisi Kalsel, Danrem 101/Antasari dan Wakapolres Banjar,.

Pada kesempatan tersebut Kapolda menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan upaya-upaya untuk menetralkan kembali udara yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel). Misalnya dengan membuat saluran-saluran sekunder untuk mengalirkan air ke lokasi kebakaran.

Hal ini dilakukan karena  tanah tempat terjadinya kebakaran merupakan tanah gambut yang berisi air. Oleh karenanya pemerintah hanya akan membangun saluran agar air yang ada di dalam tanah bisa mengalir ke lokasi kebakaran.

“Sebetulnya kalau kebakaran hutan, itu kalau di daerah gambut ini kan bikin saluran saluran sekunder. Saluran-saluran untuk mengalirkan ke dekat situ,” jelas Kapolda.

Satgas Karhutla Kalsel telah bersepakat untuk melakukan penenggelaman areal gambut yang terbakar. Pihak Kepolisian  bersama instansi terkait akan melakukan penutupan aliran irigasi riam kanan dan mengalihkan aliran air langsung ke lokasi gambut yang terbakar. Dengan cara ini diharapkan kebakaran lahan gambut menjadi padam.

Diketahui luas lahan gambut yang akan ditenggelamkan ini mencapai 900 hektar. Cara ini dinilai lebih praktis dan lebih murah dibandingkan pemadaman melalui udara.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password