Kapolda Jatim: Veronica Koman Harus Buktikan Tak Bersalah Terkait Kasus Papua

Tribratanews.polri.go.idSurabaya. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan menjelaskan jika Veronica Koman merasa tidak bersalah dengan tuduhan sebagai tersangka penyebar berita bohong (hoax) dan provokasi terkait aksi pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, seharusnya ia segera memenuhi surat panggilan pemeriksaan penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim di Surabaya.

“Bukan malah membela diri dengan berbagai argumentasi yang kemudian mengerucut seolah-olah penyidik melakukan kriminalisasi,” jelas Kapolda Jatim.

Jenderal bintang dua tersebut menyampaikan hal itu menanggapi cuitan tersangka di sejumlah media yang menuding balik Polda Jatim melakukan kriminalisasi terhadap Veronica Koman.

Berdasarkan informasi yang di dapat bahwa tersangka yang masih berstatus mahasiswa itu, saat ini diduga berada di luar negeri.

Irjen Pol. Luki Hermawan mengatakan sampai saat ini belum ada itikad baik maupun respons dari Veronica Koman atas kasus yang ditersangkakan kepadanya.

Polda Jatim memberikan tenggat waktu hingga Rabu, 18 September 2019 kepada Veronica untuk berkomunikasi.

Jika lewat dari itu, maka akan dikeluarkan status daftar pencarian orang (DPO) kepada tersangka.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan Kepolisian Australia (Australia Federal Police (AFP) dan kita imbau agar dia (Veronica Koman) memanfaatkan waktu yang diberikan penyidik,” tutup Kapolda Jatim.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password