Wakapolri Pastikan Kesiapan Penanganan Karhutla di Kalbar

Tribratanews.polri.go.id. Pontianak. Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., terjun langsung memastikan kesiapan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (13/9). Dalam kesempatan yang sama, Wakapolri menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah berswadaya membantu orang lain yang terdampak bencana karhutla.

Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., menyatakan, penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak hanya fokus melakukan pemadaman saja, melainkan juga terus mengedukasi masyarakat dalam mencegahnya.

“Dalam hal penanganan Karhutla tidak hanya dalam bentuk pemadaman, tetapi pre-emtif dan sosialisasi juga harus diintensifkan, dan hal itu juga sudah dilakukan di lingkungan Polda Kalbar,” tegas Wakapolri.

Dari hasil supervisi di Polda Kalbar dalam hal penanganan Karhutla sudah cukup bagus, apalagi sudah dibentuk satgas-satgas dalam penangan Karhutla yang tidak hanya melibatkan instansi pemerintah tetapi juga pihak masyarakat.

Sementara itu, dalam aspek penegakan hukum hingga saat ini sudah sebanyak 52 kasus Karhutla yang diproses hukum, diantaranya sebanyak 50 kasus perorangan, dan dua kasus korporasi.

Dari kasus-kasus tersebut, pihak Kepolisian masih terus melakukan pengembangan dan pendalaman, sehingga kemungkinan bisa saja kasusnya juga bertambah.

“Dari KLHK juga menyatakan, sebanyak 26 korporasi yang saat ini sedang diproses,” ungkap Wakapolri.

Kepolisian sangat serius dalam menangani kasus-kasus Karhutla. “Hal tersebut bisa dilihat dari kesiapan peralatan-peralatan pemadaman baik oleh TNI dan Polri yang tentunya tidak terlepas dari bantuan pihak masyarakat yang tergabung dalam satgas pemadan kebakaran tersebut,” jelas Wakapolri.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password