Pantau Langsung Karhutla di Kalimantan Selatan, Ini Harapan Wakapolri

Tribratanews.polri.go.id – Banjarbaru. Wakapolri Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., melakukan pemantauan langsung kondisi karhutla di Kalimantan Selatan, Kamis (12/9/19).

Kedatangan Wakapolri di Bumi Lambung Mangkurat ini disambut langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si beserta seluruh PJU Polda Kalsel dan para Kapolres jajaran. Unsur petinggi pimpinan TNI juga turut hadir mendampingi kegiatan pengecekkan kesiapan terhadap penanggulangan Karhutla.

Tujuan Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., beserta rombongan mengunjungi Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu untuk melakukan supervisi dan asistensi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si., ketika memberikan kata sambutan

“Pada kesempatan ini kami sampaikan kepada Wakapolri, jika dalam menangani Karhutla telah melakukan sejumlah kegiatan baik sosialisasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa dikewilayahan. Bahkan, kami telah menangkap beberapa orang yang diduga pelaku pembakaran,” jelas Kapolda di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel, Kamis (12/9/19).

Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., mengatakan, kejadian Karhutla ini sudah terjadi sejak lama dan tahun 2015 merupakan tahun terparah yang dialami.

“Karena waktu itu saya melakukan kunjungan kerja ke Polda Kalsel khusus untuk meninjau bencana tersebut. Saya rasa, penanganan Karhutla yang dilakukan Polda Kalsel beserta unsur terkait sudah lebih baik dibandingkan wilayah lainnya,” jelasnya.

Wakapolri menjelaskan permasalahan Karhutla sekarang ini menjadi perhatian utama Pemerintah dikarenakan berbagai dampak buruk yang ditimbulkan oleh Karhutla.

“Karhutla sangat berbahaya dan berdampak pada rusaknya ekosistem serta musnahnya flora dan fauna yang tumbuh hidup di hutan, untuk itu hal ini harus mendapat perhatian khusus dalam penanganannya”, jelasnya.

“Untuk itu saya turun langsung kelapangan melakukan pengecekkan kesiapan anggota dalam mencegah, mengatasi hingga memadamkan api Karhutla. Tidak hanya itu, peralatan yang digunakanpun harus yang berkualitas sehingga dapat memadamkan api hingga keakarnya,” jelas Wakapolri.

Dalam arahan ini, Wakapolri juga mengharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah kebakaran. “Karena upaya pencegahan lebih baik dibandingkan memadamkan api yang berkobar,” tutupnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password